Virus Corona di Papua

Akses Masuk Sulit, Kabupaten Mamberamo Raya di Papua Belum Catatkan Kasus Positif Corona

Mengantisipasi wabah Virus Corona, delapan pintu masuk ke Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, yang merupakan jalur sungai ditutup.

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa 

TRIBUNPAPUA.COM - Mengantisipasi wabah Virus Corona, delapan pintu masuk ke Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, yang merupakan jalur sungai ditutup.

Sebanyak delapan titik yang dimaksud adalah, Barapasi, Kowiyai, Warembori, Yayateba, Yabagusa, Dabra, Rofaer, dan Burmeso.

Penutupan tersebut dikhususkan untuk arus lalu lintas manusia.

Kebijakan ini sesuai kesepakatan bersama yang dibuat oleh seluruh pemerintah daerah di Papua.

"Pintu masuk seluruhnya ada delapan titik (ditutup) hanya bisa untuk pengiriman alat pelindung diri (APD)," ujar Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, di Jayapura, Senin (27/4/2020).

Fakta Bantuan Makanan Bertulisan Nasi Anjing Hebohkan Warga, Polisi Minta Logo dan Nama Diganti

Mamberamo Raya terletak di jantung daerah aliran sungai (DAS) Mamberamo dan dialiri oleh sungai-sungai besar, seperti Sungai Tariku (Sungai Rouffaer) yang mengalir dari barat ke timur, dan Sungai Taritatu (Sungai Idenburg) yang mengalir dari timur ke barat.

Kedua sungai tersebut bergabung menjadi satu dan menjadi Sungai Memberamo yang mengalir ke arah utara membelah Pegunungan Foja-Rouffaer.

Sebagian besar jalur penghubung antar kampung, bahkan antar distrik, harus menggunakan moda transportasi air karena sebagian besar kawasan Mamberamo Raya adalah jalur sungai dan rawa.

Untuk mencapai Mamberamo Raya, bisa melalui Kabupaten Sarmi, Waropen, Yapem yang seluruhnya harus menggunakan jalur laut.

Dasinapa menjelaskan, pemkab berkeyakinan saat ini daerahnya masih bebas dari Virus Corona karena akses yang cukup sulit untuk masuk ke ke Mamberamo Raya.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved