Virus Corona di Papua

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Freeport Tambah Jumlah Alat Tes Covid-19 dan Fasilitas Kesehatan

PT Freeport Indonesia (PTFI) meningkatkan jumlah rapid test Virus Corona atau Covid-19 dan menambah jumlah tenaga medis serta akomodasi isolasi.

Dok. PTFi
Tenaga medis di RS Tembagapura bekerja dengan standar APD selama pandemi Corona 

TRIBUNPAPUA.COM - PT Freeport Indonesia (PTFI) meningkatkan jumlah rapid test Virus Corona atau Covid-19 dan menambah jumlah tenaga medis serta akomodasi isolasi.

Hal itu dilakukan setelah kasus positif Corona di wilayah PTFI meningkat.

Dikutip TribunPapua.com dari keterangan tertulis PTFI pada Senin (11/5/2020), di area kerja telah tersedia alat tes PCR dan sekitar 50.000 alat rapid test.

"Kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan adal prioritas PTFI. Kami telah dan terus bekerka bersama International SOS tanpa mengenal lelah, serta berkoordinasi erat dengab pemerintah untuk menyediakan penanganan medis terbaik yang dapat kami berikan sesuai prosedur mitigasi global Covid-19. Kami bersyukur, penanganan para pasien Covid-19 menunjukka hasil yang baik, dengan semakin banyaknya pasien sembuh," kata Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas.

Selain menambah alat tes, PTFI juga menambah ventilator dan ruang rawat serta ruang isolasi di RS Tembagapura, Mimika, Papua.

Minta Jokowi Tutup Freeport untuk Sementara, Bupati Mimika: Ini Menyangkut Nyawa Manusia

Selain itu, Klinik Kuala Kencana juga disiapkan agar bisa melayani rawat inap dan akan segera tersertifikasi sebagai laboratorium periksa RT-PCR uang dapat mengonfirmasi diagnosis Covid-19.

Tony mengatakan, upaya itu dilakukan agar pemeriksaan tak perlu dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah Jayapura sehingga bisa menghemat waktu dan mempercepat penanganan.

Untuk fasilitas isolasi, PTFI melakukan penambahan sehingga kini dapat memuat lebih dari 750 orang di Tembagapura dan 150 orang di Dataran Rendah (Mile 38).

Termasuk di dalamnya adalah asrama Mimika Sport Complex yang selama masa pandemi dialihfungsikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika menjadi tempat isolasi masyarakat Timika.

Virus Corona di Freeport Papua, Kasus Positif Meningkat hingga Usulan untuk Penutupan Sementara

"Fasilitas kesehatan dan jumlah tenaga medis yang ada di Tembagapura serta Kuala Kencana cukup untuk menangani berbagai skenario yang telah disiapkan. Namun untuk berjaga-jaga, kami telah dan akan terus menambah jumlah tenaga medis, serta fasilitas kesehatan pendukung lainnya," ucap Chief Medical Officer International SOS, dr. Darma Irawan.

PTFI juga memberikan bantuan berupa bahan makanan dan menyediakan alat transportasi kargo APD ke Papua.

(TribunPapua.com)

Penulis: Astini Mega Sari
Editor: Astini Mega Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved