Kronologi Detik-detik Petugas Medis Ditembak KKB, Korban Minta Warga Bubar hingga Dibuntuti KKB

Dua tenaga medis di Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, ditembak kelompok kriminal bersenjata ( KKB).

(Dok Humas Polda Papua)
Alemanek Bagau, salah satu tenaga medis yang menjadi korban penembakan oleh KKB Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, tengah dievakuasi di Bandara Sugapa menuju Bandara Nabire, Papua, Sabtu (23/5/2020) 

TRIBUNPAPUA.COM - Dua tenaga medis di Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, ditembak kelompok kriminal bersenjata ( KKB). Seorang terluka dan seorang lain tewas.

Kapolres Intan Jaya AKBP Yuli Karre Pongbala bersama anggotanya dan personel TNI pada Sabtu (23/5/2020), sudah berada di lokasi kejadian.

Mereka mengevakuasi korban luka ke Kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat SMART AIR.

"Pada pukul 10.20 WIT, korban kritis bernama Alemanek Bagau tiba di Kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat SMART AIR dari Bandar Udara Sugapa Kabupaten Intan Jaya," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui rilis.

 Sementara satu korban lain bernama Heniko Somou tewas dan telah disemayamkan di rumah keluarganya.

Kamal menjelaskan, berdasarkan keterangan warga setempat, kejadian tersebut bermula pada pada Jumat (23/5/2020) pukul 09.00 WIT.

Korban Heniko Somou mengetahui adanya KBB dari distrik Ndeotadi yang masuk di wilayah Distrik Wandai.

Pada saat mengantar obat-obatan Covid-19, Heniko kemudian menyampaikan kepada warga Distrik Wandai agar segera menjauh dan meninggalkan kegiatan jual beli di area pasar.

"Mendengar hal itu, KKB langsung melakukan pengejaran terhadap korban Heniko Somau di area Pasar Kampung Mbugulo Distrik Wandai. Saat korban mengetahui dirinya dikejar oleh KKB, korban langsung berlari menuju ke rumah korban Alemanek Bagau," kata Kamal.

Setibanya di rumah Alemanek Bagau, KKB langsung melepaskan beberapa tembakan ke arah Heniko Somau hingga korban terjatuh.

Korban Alemanek Bagau yang hendak menolong juga mendapatkan penganiayaan dan ditembak oleh KKB.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved