Virus Corona

Operasi Pemeriksaan SIKM DKI Jakarta akan Berakhir pada 7 Juni

Operasi pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) akan berakhir pada Minggu (7/6/2020).

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Polisi melakukan himbauan kepada penumpang yang melewati jalan tol Jakarta-Cikampek di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Polda Metro Jaya melarang kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang keluar dari wilayah Jabodetabek. Pemeriksaan dan penyekatan kendaraan tersebut akan dilakukan di 18 titik pos pengamanan terpadu dan pos-pos check point di jalur tikus dan perbatasan. 

TRIBUNPAPUA.COM - Operasi pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) akan berakhir pada Minggu (7/6/2020).

Untuk selanjutnya warga yang akan kembali ke Jakarta tidak perlu menggunakan izin tersebut karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta telah berakhir.

Kewajiban memiliki SIKM sebagai syarat keluar masuk Jakarta diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020.

Adapun yang bisa mendapatkan SIKM tersebut adalah masyarakat yang melakukan perjalanan dinas dan sektor tertentu yang dikecualikan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dilansir Kompas.com, Kamis (28/5/2020), Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan bahwa penyelesaian operasi SIKM tersebut berdasarkan edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sesuai Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Nasional Nomor 5 Tahun 2020," ujar Syafrin.

Soal Penerapan New Normal, Sandiaga Soroti Ekonomi Indonesia yang Terdampak Corona: Memprihatinkan

Menurut Syafrin, saat pemberlakuan operasi pemeriksaan SIKM tersebut, pihaknya telah meminta 2.828 kendaraan untuk berputar balik.

"Untuk tanggal 26 (Mei), total yang diputarbalikkan 2.828 kendaraan. Untuk yang kemarin (27 Mei) masih dihimpun datanya," tuturnya.

Selain meminta pengemudi memutar balikkan kendaraannya, Syafrin juga mengungkapkan adanya sejumlah orang yang harus menjalani karantina.

Pada hari Rabu (26/5/2020), petugas telah meminta 8 orang penumpang pesawat, kereta api dan bus yang tidak memiliki SIKM untuk diisolasi.

Halaman
1234
Editor: Astini Mega Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved