Breaking News:

Survei Indikator Elektabilitas: Jokowi dan Prabowo Turun, Ganjar dan Ridwan Kamil Meningkat

Hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas dan kepuasan publik pada sejumlah tokoh menunjukkan hasil yang berbeda-beda

(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Joko Widodo mendapat ucapan selamat dari Prabowo Subianto saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024. 

TRIBUNPAPUA.COM - Hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas dan kepuasan publik pada sejumlah tokoh menunjukkan hasil yang berbeda-beda

Kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan menurun meski tidak signifikan.

Sementara itu, elektabilitas Ketua Umum Parta Gerindra, Prabowo Subianto, juga mengalami penurunan drastis daripada sebelumnya.

Sedangkan, dua tokoh gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, malah semakin bertambah.

Ilustrasi pemilihan suara. Penghitungan surat suara di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Papua. TPS tersebut merupakan salah satu TPS dari total 1.191 TPS di Papua yang menggelar Pemilu Susulan (18/04/2019).
Ilustrasi pemilihan suara. Penghitungan surat suara di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura, Papua. TPS tersebut merupakan salah satu TPS dari total 1.191 TPS di Papua yang menggelar Pemilu Susulan (18/04/2019). (KOMPAS.com/Dhias Suwandi)

Seusai 2 Penumpang Pesawat Positif Corona, 80 Penumpang dan 5 Kru Di-tracing Gugus Tugas

Dilansir Kompas.com, Senin (8/6/2020), survei tersebut dilakukan pada 16-18 Mei 2020 dan melibatkan sekitar 1.200 responden.

Dalam survei yang membandingkan elektabilitas tokoh politik selain Jokowi tersebut, Prabowo masih memiliki elektabilitas tertinggi meski dengan koreksi sebesar 8,1 persen.

Namun, jumlah responden yang memilih Prabowo hanya sebesar 14,1 persen dibandingkan pada bulan Februari yang capai hingga 22,2, persen.

Berbanding terbalik dengan Prabowo, Ganjar mengalami peningkatan elektabilitas dari 9,1 persen menjadi urutan kedua dengan nilai elektabilitas sebesar 11,8 persen.

Sementara, Ridwan Kamil yang pada bulan Februari memiliki tingkat elektabilitas sebesar 3,8 persen kini menjadi 7,7 persen.

Dalam halaman resmi Indikator, dicatat bahwa kedua kepala daerah tersebut memiliki tren elektabilitas yang makin meningkat.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved