Virus Corona di Papua

Virus Corona di Kelurahan Hamadi Jayapura Capai 541, Klaster Bermula Penjual Ikan Positif Covid-19

Penularan Virus Corona di Kota Jayapura, Papua masih terjadi dan hingga Rabu (10/6/2020) jumlah kasusnya meningkat mencapai 541.

(Tribun-Video/Buyung Haryo)
ILUSTRASI Virus Corona 

TRIBUNPAPUA.COM - Proses penularan Virus Corona di Kota Jayapura, Papua masih terjadi dan hingga Rabu (10/6/2020) jumlah kasusnya meningkat mencapai 541.

Dari angka tersebut, jumlah terbesar berasal dari Kelurahan Hamadi yang secara persentase mencapai 53,88 persen dari total kasus di Kota Jayapura.

"Di Hamadi sampai Rabu malam jumlah kasusnya mencapai 290," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Nyoman Sri Hartari, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (11/6/2020).

Ia menuturkan, awal ditemukannya klaster Hamadi dimulai saat Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura melakukan rapid test kepada para penjual ikan.

Dari sekitar 300 orang yang mengikuti tes tersebut, 58 orang reaktif dan pemeriksaan dilanjutkan dengan tes PCR.

Lalu pada 8 Mei 2020, dari pemeriksaan sebagian sampel cairan tenggorokan (swab) para pedagang ikan yang reaktif, dinyatakan 10 orang positif terpapar Virus Corona.

"Waktu itu yang kami periksa pedagang sayur dan pedagang ikan. Yang pedagang sayur tidak banyak yang reaktif, hanya 5 dan kami swab negatif semua. Lalu, setelah kita lakukan rapid test ke sekitar 300 penjual ikan, 58 reaktif, setelah di tes PCR hampir separuhnya positif, dari situ kami putuskan untuk fokus di situ (Hamadi)," kata Nyoman.

Keputusan untuk melakukan rapid test massal di Kelurahan Hamadi dikarenakan sebagian pesar pedagang ikan yang terpapar Virus Corona tinggal di wilayah tersebut.

Soal Video Pedagang Pasar Cileungsi Tolak Tes Massal Corona, Gugus Tugas: Itu Miskomunikasi Saja

Kemudian, rapid test massal di Hamadi dilakukan mulai pada 14 Mei 2020.

Nyoman mengklaim, hasil tes cepat di Hamadi sesuai dengan diagnosa yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura karena jumlahnya cukup besar.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved