Breaking News:

Kembali ke Jawa untuk Bekerja, Seorang Pekerja Asal Papua Reaktif Rapid Test Covid-19

Sebanyak 40 pekerja asal Papua yang kembali pulang kampung ke Jawa Timur ternyata reaktif saat tes massal.

(Surya/Fatimatuz zahroh)
Proses rapid test yang dilakukan pada pekerja dari Papua dan pekerja migran dari Malaysia yang pulang kampung ke Jatim. 

TRIBUNPAPUA.COM - Sebanyak 40 pekerja asal Papua yang kembali pulang kampung ke Jawa Timur untuk dilakukan rapid test, Selasa (23/6/2020).

Dari 40 pekerja asal Papua tersebut, satu orang diantaranya didapati reaktif. Bahkan setelah diulang rapidnya sebanyak dua kali juga masih menunjukkan hasil reaktif.

Oleh sebab itu, saat ini pekerja tersebut telah dilarikan ke RSUD dr Soetomo Surabaya untuk dilakukan swab tes menggunakan mesin PCR agar bisa mendpatkan akurasi yang tinggi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan sudah menjadi sebuah keharusan dan SOP bahwa pekerja yang pulang ke Jatim dilakukan rapid test.

Hal itu dilakukan sebelum para pekerja tersebut dipulangkan ke kampung halaman mereka di daerah-daerah di Jawa Timur.

“Yang dari Papua ini pulang ke Jatim dengan jalur laut. Langsung kita lakukan rapid test. Dari 40 orang pekerja yang reaktif satu orang, ini langsung kami tindak lanjuti,” kata Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (23/6/2020).

Pesta Pernikahan Jadi Klaster Corona di Semarang, Wagub Jateng: Tamu Ada yang Gejala tapi Ditutupi

Tidak hanya itu, Khofifah Indar Parawansa juga menyebutkan bahwa saat ini yang telah dilakukan pengantaran ke kampung halaman yaitu Pekerja Migran Indonesia.

Pasalnya kemarin rombongan pekerja Migran dari Malaysia sudah tiba di Jatim. Total ada sebanyak 152 orang pekerja migran dari Malaysia yang pulang ke Jatim.

Dari jumlah tersebut, mayoritasnya berasal dari Madura sebanyak 88 orang, meliputi Kab. Bangkalan 12 orang, Sampang 39 orang, Pamekasan 28 orang dan Sumenep 9 orang. Selebihnya PMI tersebut berasal dari beberapa daerah lain, termasuk 14 orang berasal dari luar Jatim.

Sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku, 152 PMI segera dilakukan rapid test sesaat setelah landing di Bandara Juanda. Hasilnya, tidak ada satu pun PMI yang ditemukan reaktif.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved