Misteri Asal Usul Lagu Yamko Rambe Yamko, Disebut Bukan dari Papua hingga Isu Diciptakan Soekarno

Diskusi atau perdebatan tentang asal lagu Yamko Rambe Yamko masih belum berujung karena belum ada pihak yang bisa memastikan mengenai asal usulnya.

(Twitter)
Tangkapan layar twit yang viral soal lagu Yamko Rambe Yamko bukan dari Papua 

TRIBUNPAPUA.COM - Diskusi atau perdebatan tentang asal lagu Yamko Rambe Yamko masih belum berujung karena belum ada pihak yang bisa memastikan mengenai asal usulnya.

Lagu yang selama ini identik dengan Papua, ternyata justru ditolak oleh para seniman Papua karena lirik yang terkandung di dalam lagu tersebut dianggap bukan dari bahasa adat di Papua.

Kontroversi ini mulai mencuat semenjak akun twitter #papuaitukita membuat cuitan pada 25 Juni 2020 mengenai apakah lagu yamko rambe yamko bukan lagu dari Papua.

Jefri Zeth Nandisa, salah satu pelaku seni dan pemerhati budaya Papua mengungkapkan bahwa perdebatan mengenai lagu yamko rambe yamko sudah lama terjadi dan hingga kini belum menemui titik terang.

Jefri yang juga merupakan koreografer, mengaku, sering menggunakan lagu tersebut sebagai pengantar tarian kontemporer Papua.

Namun, Jefri menilai, bahasa yang digunakan di lagu tersebut belum bisa dipastikan dari daerah mana.

Viral Sejumlah Mayat Dibungkus Plastik Dilempar dan Dibuang ke Dalam Lubang, Diduga Korban Covid-19

"Kalau dari ketukan dan musiknya lagu ini Papua sekali, tetapi untuk lirik kami belum tahu ini bahasa mana," ujar Jefri, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (2/7/2020).

Jefri yang juga berprofesi sebagai dosen di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Papua, menyebut, ada beberapa teori yang muncul mengenai asal-usul lagu ini.

Teori di antaranya bahwa lagu tersebut sengaja dibawa oleh guru-guru yang didatangkan pemerintah ke Papua untuk diajarkan kepada anak-anak Papua dan mengklaimnya sebagai lagu daerah Papua.

"Saya secara pribadi menilai lagu ini sudah ada sejak tahun 50-an karena menurut catatan pak SP Morin tahun 1963 di Biak ada guru-guru yang datang mengajarkan lagu yamko rambe yamko dan mengatakan itu lagu Papua," kata dia.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved