Anggota DPRD Keluhkan Bupati Yakuhimo yang 6 Bulan Tak Hadir Rapat, Sekda: Kena Lockdown di Jakarta

sangat disayangkan sebab Abock juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Percepatan Penanganan Covid-19 Yakuhimo.

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Bupati Yahukimo, Abock Busup 

TRIBUNPAPUA.COM - Anggota DPRD Kabupaten Yahukimo Yafet Saram menyoroti ketidakhadiran Bupati Yakuhimo Abock Busup di kantornya selama enam bulan terakhir.

Hal itu sangat disayangkan sebab Abock juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Percepatan Penanganan Covid-19 Yakuhimo.

"Bupati sampai hari ini sudah enam bulan ada di Jakarta sedang mengurus partainya, karena kami Yahukimo salah satu kabupaten yang mengikuti pilkada, tapi kemudian beliau menjabat sebagai tim gugus dan hal ini buat kami  mengkhawatirkan," kata Yafet melalui sambungan telepon, Rabu (22/7/2020).

Yafet juga menyoroti anggaran penanganan Covid-19 di Yakuhimo yang dinilai tidak rasional. Sebab, anggaran penanganan Covid-19 mencapai Rp 130 miliar.

Jumlah itu, kata dia, diajukan dalam dua tahap, Pemkab Yakuhimo telah mengajukan anggaran Rp 70 miliar pada tahap pertama.

"Kita tahu angaran Rp 70 miliar itu dari media, tapi penyampaian bupati ke kami itu berbeda dan penyampaian yang Rp130 miliar itu dilakukan tidak secara hormat hanya melalui WA (WhatsApp). pada tahap pertama itu Rp 70 miliar lalu kedua Rp 60 miliar," kata Yafet.

Diamuk Warga saat Kuburkan Jenazah Suspek Covid-19, Petugas: Saat Kami Mundur, Oknum Mengejar

Menurut dia, jumlah anggaran itu tak masuk akal karena Yakuhimo belum masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

"Kami kesal Bupati mengambil angaran Rp 130 miliar itu pakai dasar hukum apa dan berdasarkan persetujuan siapa, karena Yahukimo sendiri zona hijau," kata Yafet.

Pekerjaan terhambat

Ketidakhadiran Bupati Abock membuat pekerjaan anggota DPRD Yakuhimo tertunda. Yafet bersama 27 anggota DPRD Yakuhimo lain telah  dilantik pada 18 Mei 2020.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved