Breaking News:

5 Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Menyerahkan Diri, Berawal dari Patroli TNI di Distrik Bruwa

Lima anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (PKB) di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, menyatakan kembali ke NKRI.

(Dok Penerangan Kogabwilhan III)
Lima anggota KKB menyerahkan diri dan menyatakan bergabung dengan NKRI di Kampung Wake, Distrik Bruwa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Rabu (22/7/2020) 

TRIBUNPAPUA.COM - Lima anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (PKB) di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, menyatakan kembali ke NKRI.

Penyerahan diri ke-5 anggota KKB tersebut bertempat di Distrik Bruwa, pada Rabu (22/7/2020).

"Berdasarkan informasi yang kami terima, telah terjadi penyerahan diri 5 orang KKB kelompok militan POW kepada TNI di Kampung Wake, Distrik Bruwa," ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa, melalui rilis, Kamis (23/7/2020).

Menurut dia, penyerahan diri kelima militan KKB bermula pada Sabtu (18 /7/2020).

Tim Kompi Bangau Satgas Pamtas mobile YPR 305/Tengkorak dipimpin Letda Inf Reza CP bersama Sertu Rudyan melaksanakan patroli kampung ke Kampung Wame, Distrik Bruwa.

Detik-detik Ayah dan Anak Terduga KKB Tewas Ditembak di Distrik Kenyam, Tim Satgas Intai dari Jauh

Saat melaksanakan pengintaian, anggota Tim Satgas yang melaksanakan pengamanan melihat 5 orang yang tidak dikenal sedang berada di sekitaran Kampung Wame Distrik Bruwa.

Informasi kelima orang KKB kemudian didalami oleh Dansatgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR apakah mereka masuk dalam daftar pencaharian orang (DPO) operasi yaitu dengan mendatangi Honai kepala Kampung Wame Eli Wenda.

Kedatangan Letda Inf Reza CP ini untuk memastikan identitas kelima orang anggota KKB tersebut.

"Kepala Kampung Wame membenarkan bahwa kelima orang tersebut merupakan anggota KKB pimpinan POW yang terdapat di dalam DPO, dan selanjutnya kepala kampung beserta tokoh masyarakat didampingi Satgas mendatangi lima orang yang dicurigai tersebut," kata Nyoman.

Sebelum Ditembak hingga Tewas oleh Tim Satgas Pamtas, 2 Anggota KKB Seberangi Sungai Bersama Warga

Dalam pertemuan dengan kelima militan OPM atau KKB itu, sambung Nyoman, kepala kampung bersama Satgas menjelaskan jika mau menyerahkan diri kepada Satgas Pamtas Mobile 305/TKR dan kembali ke NKRI, serta berjanji tidak akan kembali ikut KKB, maka mereka tidak akan terus dicari oleh Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR dan dipastikan juga akan diterima oleh masyarakat di Kampung mereka masing-masing.

"Kelima orang DPO tersebut pun menyetujui untuk bergabung kembali ke dalam NKRI," kata dia.

Kelima anggota KKB yang menyerahkan diri adalah, Vandem Wonda, Dekiron Tabuni, Ibetius Tabuni, Terkis Tabuni atau Yuborak Telenggan dan Delis.

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Kembali ke NKRI

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved