Virus Corona

Rayu Pasien Corona di Perumahan Elite agar Mau Pindah ke Tempat Karantina, Risma: Saya Mohon Sekali

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, penyebaran kasus Covid-19 di Surabaya banyak ditemukan di perumahan elite.

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Redaksi Tribun Network di Palmerah, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Risma yang baru saja berulang tahun ke-58 pada Rabu 20 November, memaparkan apa yang telah dicapainya di Kota Surabaya. 

TRIBUNPAPUA.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, penyebaran kasus Covid-19 di Surabaya banyak ditemukan di perumahan elite.

Berdasarkan data yang dimiliki, Risma menyebut, meskipun pasien itu sudah menjalani isolasi mandiri di dalam rumah, tapi ternyata masih menyebarkan ke anggota keluarganya.

Risma meminta kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19, baik yang tinggal di perumahan elit untuk tetap melakukan isolasi mandiri di tempat yang terpisah dengan anggota keluarganya.

Hal ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan menekan angka kasusnya.

"Seringkali pasien menyampaikan, 'saya isolasi mandiri karena rumah besar, saya bisa mandiri'. Kenyataannya dari data yang saya baca, itu banyak yang tinggal di rumah besar, tetapi akhirnya satu keluarga terkena semuanya," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu (29/7/2020).

Khofifah Sebut Jawa Timur Telah Lewati Puncak Pandemi Virus Corona

Menurutnya, tidak semua orang memiliki kondisi dan kekebalan tubuh yang sama.

Itu mengapa Risma mewanti-wanti agar orang yang pertama terjangkit positif Covid-19 langsung berpindah tempat untuk isolasi mandiri, baik isolasi di Hotel Asrama Haji atau pun tempat karantina lain yang dirasa aman.

"Makanya sekarang saya berusaha bagaimana kami bisa merayu untuk yang pasien pertama positif bisa isolasi mandiri," ujar dia.

Risma mencontohka, misalnya di dalam rumah terdapat anak-anak atau lansia.

Mereka berpotensi tertular dari anggota keluarga yang sebelumnya terjangkit.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved