Klarifikasi PAN soal Insiden Keributan Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK di Pesawat

PAN memberikan klarifikasi soal insiden cekcok antara putra Amien Rais Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango.

Instagram @mumtaz.rais
Anak dari Tokoh Politik Senior, Amien Rais yakni Mumtaz Rais terlibat keributan dengan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pamolango Nawawi pada Rabu (12/8/2020). 

TRIBUNPAPUA.COM - Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto memberi klarifikasi terkait insiden berujung pelaporan kepada polisi yang dilakukan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango kepada fungsionaris PAN Ahmad Mumtaz Rais.

Laporan tersebut lantaran Mumtaz Rais tak mematuhi aturan untuk menonaktifkan handphone di atas pesawat.

Yandri menjelaskan, Mumtaz memang menghidupkan gawai di atas pesawat, namun saat posisi pesawat sedang berhenti dan transit di Makassar sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

"Jadi itu sudah saya konfirmasi, tadi ada tiga rombongan di situ ada Mumtaz, ada Pangeran Khairul dan saudaraku Irvan dan memang kejadian seperti itu. Tapi Mumtaz ini menghidupkan handphone ketika pesawat sudah berhenti dan penumpang semua sudah keluar dan yang transit di Makassar tidak keluar," kata Yandri ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Menurut Yandri, ada kesalahpahaman dan tingginya ego dari pihak-pihak yang terlibat dalam insiden tersebut.

Sehingga sempat terjadi perdebatan antara Mumtaz Rais dengan kru pesawat, dan Nawawi Pomolango.

Ribut di Pesawat, Wakil Ketua KPK Laporkan Mumtaz Rais, Dirut Garuda Indonesia: Terjadi Adu Argumen

"Artinya proses untuk menuju runaway atau pengumuman dari pramugari belum ada sama sekali. Penumpang yang lain belum masuk, artinya itu sesuatu yang biasa sebenarnya," kata Yandri.

"Tetapi karena ada kesalahpahaman dan mungkin ego masing-masing muncul terjadi debat lah kira-kira begitu dan saya kira itu sering terjadi di pesawat karena pemahaman penumpang berbeda, maunya kru kabin juga beda," lanjutnya.

Yandri mengatakan insiden tersebut sebenarnya sudah selesai tak lama setelah perdebatan terjadi.

Ia justru mempertanyakan adanya pihak yang melaporkan insiden tersebut kepada pihak kepolisian.

"Jadi menurut saya, dari klarifikasi Mumtaz dan kawan-kawan sebenarnya sudah selesai di atas, sudah saling memaafkan dan saling bercanda dan saling memahami satu sama lain. Maka kita juga kaget ketika pihak Garuda atau Pak Nawawi melaporkan itu, esensinya apa sih? sebenarnya menurut saya tidak perlu diperpanjangnag. Nah ini sedang kita coba mediasi dengan pihak Garuda," ujar Yandri.

Yandri memastikan, Mumtaz Rais akan mengikuti proses atas pelaporan tersebut.

Ia berharap insiden tersebut bisa menjadi pelajaran bagi putra bungsu Amien Rais itu.

Ini Penyebab Keributan antara Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK di Pesawat Garuda Indonesia

"Intinya kalau itu memang diproses, Mumtaz sebagai warga negara yang baik pasti akan mengikuti proses. Tapi alangkah baiknya itu tidak dilanjutkan sehingga tidak ada kegaduhan atau tidak ada persepsi yang lain-lain. tapi kita juga minta Mumtaz untuk ambil pelajaran dari peristiwa ini jangan sampai salah persepsi lagi dan terjadi lagi di waktu yang lain," pungkas Yandri.

Diketahui, insiden itu akibat dari perdebatan yang terjadi antara politikus PAN yang juga merupakan anak Amien Rais, Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango.

Insiden itu terjadi saat keduanya menaiki maskapai Garuda dengan nomor penerbangan GA 643 Rute Gorontalo - Makassar - Jakarta, pada Rabu (13/8/2020) kemarin.

Peristiwa ini bermula ketika Mumtaz sedang asyik menelepon saat pesawat dalam kondisi mengisi bahan bakar atau refueling sewaktu transit di Makassar.

Anak Amien Rais Dilaporkan Wakil Ketua KPK setelah Terlibat Cekcok di Pesawat, Ini Kata Polisi

Lantas, dia ditegur petugas kabin dua kali namun tak dindahkan. Mumtaz malah marah dan membentak petugas saat diperingatkan untuk ketiga kalinya.

Nawawi yang duduk di sebelah lantas mengingatkan Mumtaz agar mematuhi peraturan dan tak memarahi petugas.

Namun peringatan itu dibalas Mumtaz Rais dengan berbalik memarahi Nawawi Pomolango dan menantangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PAN Beri Klarifikasi Soal Insiden Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK di Pesawat

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved