Breaking News:

Ragukan Keterangan Saksi Pembunuhan Staf KPU Yahukimo, Polisi: Kenapa Hanya Korban yang Dieksekusi?

Kepolisian mulai memeriksa kebenaran dari keterangan yang diberikan saksi kepada aparat.

Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (12/11/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM - Proses penyelidikan kasus pembunuhan staf KPU Yahukimo, Henry Jovinski terus berjalan dan kepolisian mulai memeriksa kebenaran dari keterangan yang diberikan saksi kepada aparat.

Hingga kini, hanya ada satu saksi yaitu KM yang telah dimintai keterangan karena saat kejadian ia tengah bersama korban.

"Tentu ini menarik karena korban ini adalah seorang memiliki data tentang daftar tetap dan sementara pilkada di Yahukimo. Sehingga bagi kami, menjadi pertanyaan yang menarik kenapa dia saja yang dieksekusi, kenapa tidak bersamaan dengan rekannya," ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, di Jayapura, Senin (17/8/2020).

Paulus menyatakan, fakta tersebut yang kemudian dijadikan dugaan oleh penyidik untuk mendalami kasus tersebut dan mengetahui motifnya.

Ayah Staf KPU Yahukimo Papua yang Tewas Dibunuh: Apa Motif Pelaku Menghabisi Anak Saya?

Keterangan yang diberikan KM yang juga merupakan staf KPU Yahukimo, di mana ia mengaku mengajak korban untuk mengantar obat kepada istrinya yang sedang sakit pun kini dipastikan tidak benar.

"Relevansinya apa, mengantar obat dengan tugasnya sebagai staf KPU, dan setelah kami mengecek keberadaan istri dari temannya, apakah dia sakit, ternyata tidak sakit," kata Paulus.

Namun ia belum mau membuat kesimpulan atas perkembangan penyelidikan kasus pembunuhan Henry Jovinski karena kini para penyidik terus melakukan pendalaman.

"Jadi nanti, kami lihat dan membuka komunikasi dengan mereka, antara hubungan korban dengan temannya yang mengakibatkan korban meninggal dunia," kata dia.

Sebelum Tikam Staf KPU Yahukimo Papua, Pelaku Sempat Tanya Orang Indonesia? Mana KTP-nya?

Diberitakan sebelumnya, Henryi Jovinski tewas dibacok orang tak dikenal (OTK) di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (11/8/2020) siang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, dari keterangan saksi berinisial KM yang bersama korban saat itu, pelaku bercelana loreng dan berambut gimbal.

Adapun KM bersama korban mengendarai sepeda motor dalam perjalanan kembali ke Dekai. Mereka baru kembali mengantar obat untuk rekannya, KP.

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Polisi Ragukan Keterangan Saksi Pembunuhan Staf KPU Yahukimo

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved