Breaking News:

Update Imbauan WHO soal Covid-19: Anak di Atas 12 Tahun Wajib Pakai Masker, di Bawah 5 Tahun Tidak

Badan Kesheatan Dunia ( WHO) pada Jumat (21/8/2020) mewajibkan anak-anak di atas 12 tahun untuk memakai masker.

KIM WON-JIN / AFP
Orang-orang mengenakan masker saat berjalan di daerah Pyongyang, Korea Utara, 6 Februari 2020. Terjangkit Virus Corona, Pejabat Publik Korea Utara Ditembak Mati setelah Pergi ke Pemandian Umum 

TRIBUNPAPUA.COM - Badan Kesheatan Dunia ( WHO) pada Jumat (21/8/2020) mewajibkan anak-anak di atas 12 tahun untuk memakai masker.

Kewajiban itu sama konteksnya dengan orang-orang dewasa, dalam upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Induk kesehatan dunia itu bekerja sama dengan UNICEF, menerbitkan panduan baru pada Jumat tentang kapan usia yang tepat bagi anak-anak untuk mengenakan masker.

Kedua badan yang bernaung di bawah PBB itu telah mengumpulkan sekelompok pakar, untuk meninjau data-data tentang kontribusi anak-anak terhadap penyebaran Virus Corona, serta manfaat pemakaian masker oleh anak-anak.

Berdasarkan temuan itu serta pertimbangan seputar kebutuhan tumbuh kembang anak, mereka mengeluarkan saran yang berbeda-beda tergantung kelompok umurnya.

Oleh karenanya WHO menyarankan agar "anak-anak berusia di atas 12 tahun wajib pakai masker dalam kondisi yang sama seperti orang dewasa, khususnya ketika mereka tidak dapat menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut."

Dokumen tersebut juga mengakui bahwa masih banyak yang belum diketahui tentang sejauh mana kontribusi anak-anak terhadap penyebaran Virus Corona jenis baru ini.

Awalnya 6 Orang, Kini Total Ada 77 Santri di Ponpes di Banyuwangi yang Positif Corona

Namun dikatakan bahwa sementara ini ada beberapa bukti yang terbatas, bahwa anak kecil mungkin memiliki kerentanan yang lebih rendah terhadap infeksi dibandingkan orang dewasa.

Kemudian data menunjukkan bahwa remaja "mungkin memainkan peran yang lebih aktif dalam penularan daripada anak yang lebih kecil."

Lebih lanjut dikutip dari AFP, WHO mengatakan anak-anak di bawah 5 tahun tidak boleh memakai masker.

Halaman
12
Tags
WHO
Masker
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved