Breaking News:

Demo Tuntut Pemberian Insentif, Karyawan Freeport Blokade Jalan Tambang di Tembagapura

Sekelompok karyawan yang bekerja di area PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, demo dan memblokade jalan tambang di Mile 72.

Editor: Astini Mega Sari
Kompas.com/Istimewa
Sekelompok karyawan yang bekerja di area PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, demo dan memblokade jalan tambang di Mile 72, Senin (24/8/2020). 

TRIBUNPAPUA.COM - Sekelompok karyawan yang bekerja di area PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, demo dan memblokade jalan tambang di Mile 72, Senin (24/8/2020).

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Kompas.com, aksi ini dilakukan sejak pukul 03.15 WIT dini hari.

Karyawan meminta agar manajemen Freeport memberikan perhatian atas kinerja mereka berupa pemberian insentif.

Hal ini dikarenakan semenjak masa pandemi Covid-19, atau selama kurang lebih enam bulan, mereka tetap bekerja, dan tidak diperbolehkan kembali ke Kota Timika.

Sosok Hengky Wuamang Pimpinan KKB yang Tewas Ditembak Aparat, Sering Berulah di Kawasan Freeport

Kapolsek Tembagapura Ipda Eduard Edison menjelaskan, pada pendemo juga meminta manajemen membuka kembali akses bus Scheduled Day Off (SDO) agar karyawan bisa pergi dari Tembagapura ke Kota Timika untuk bertemu keluarga.

"Jadi mereka minta kepastian bus SDO kapan bisa berjalan lagi. Ini memang aspirasi yang sebelumnya mereka sampaikan ke manajamen," kata Eduard ketika dihubungi Kompas.com, Senin.

Aksi demo karyawan masih berlangsung dengan tertib hingga Senin siang.

Karyawan masih melakukan upaya negosiasi dengan manajemen Freeport.

Rapat Komisi VII DPR Memanas Gara-gara Freeport, Meja Digebrak-gebrak, Orias Petrus Moedak Diusir

Vice President (VP) Coorporate Communications PT Freeport Indonesia, Riza Pratama saat dikonfirmasi mengatakan, mereka segera memberikan jawaban atas tuntutan karyawan.

"Kami masih mempelajari aspirasi karyawan dan akan memberikan jawaban dengan mempertimbangkan protokol kesehatan dan keselamatan bagi karyawan, keluarga, dan komunitas," ucap Riza.

(Kompas.com/Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Karyawan Freeport Demo dan Blokade Jalan Tambang di Tembagapura, Ini Tuntutannya

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved