Breaking News:

Muncul Spekulasi Baru, Kim Yo Jong Jadi 'Ancaman' untuk Posisi Kim Jong Un, Kini Hilang Tiba-tiba

Spekulasi baru muncul terkait menghilangnya adik pemimpin Korea Utara Kim Jong UnKim Yo Jong, di mana dia diduga dianggap ancaman oleh kakaknya.

AFP/POOL/JORGE SILVA
Kim Yo Jong, adik perempuan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menghadiri sebuah acara di Ho Chi Minh Mausoleum, Hanoi, 2 Maret 2019. 

TRIBUNPAPUA.COM - Spekulasi baru muncul terkait menghilangnya adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong, di mana dia diduga dianggap ancaman oleh kakaknya sendiri.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya di Sememanjung Korea, Kim adik kali terakhir muncul dalam publikasi Pyongyang pada 27 Juli lalu.

Sejak kabar bahwa Kim Jong Un mengalami koma pada April lalu, adiknya kini lebih sering muncul ke publik dan berbicara atas nama sang kakak.

Tetapi, kini Kim mulai muncul di mana dia dikelilingi oleh sejumlah pejabat Korea Utara, sementara sang adik tak diketahu di mana rimbanya.

Oleh media internasional, dia kini dianggap sebagai "orang nomor dua", memunculkan spekulasi dia kini dianggap ancaman oleh kakaknya.

Profesor Nam Sung-wook dari Universitas Korea kepada Chosun Ilbo berujar, di masa lalu seseorang akan disingkirkan jika dia dianggap orang nomor dua.

"Tidak boleh ada kekuatan yang setara, meski Kim Yo Jong bisa dikatakan merupakan anggota keluarga," jelas Profesor Nam dikutip Daily Mirror Minggu (30/8/2020).

Kata Pakar Teknologi soal Rumor Kim Jong Un Kirim Kode Rahasia Lewat YouTube: Itu Hoaks

Dia menerangkan, tidak menutup kemungkinan bahwa sang adik memutuskan undur diri atas inisiatif sendiri setelah dianggap terlalu sering muncul.

Kim sendiri bisa dikatakan tidak punya banyak rival, mengingat pada awal kekuasaannya, dia mengeksekusi orang-orang seperti pamannya, Jang Song Thaek.

Jang disebut merupakan pemimpin de-facto Korea Utara ketika ayah Kim, Kim Jong Il, jatuh sakit sebelum meninggal pada 2011.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved