Breaking News:

50 Tahun Menghilang, Anjing Penyanyi Papua kembali Lagi Ditemukan di Dekat Tambang Emas Grasberg

New Guinea Singing Dog merupakan spesies anjing asli Papua yang terkenal karena memiliki lolongan yang unik.

dok. Balai TN Lorentz
papua singing dog (anjing bernyanyi papua) 

TRIBUNPAPUA.COM - New Guinea Singing Dog merupakan spesies anjing asli Papua yang terkenal karena memiliki lolongan yang unik.

Meski beberapa di antaranya masih bisa ditemukan di penangkaran, namun sebagian besar peneliti berasumsi jika Anjing Penyanyi Papua tersebut telah lama menghilang dari alam liar sejak tahun 1970-an.

Akan tetapi, sebuah studi tampaknya membawa angin segar bagi anjing penyanyi ini.

Analisis genetik baru menunjukkan bahwa anjing liar ini ternyata masih ditemukan dan berkembang biak di pedalaman Papua.

Seperti dikutip dari Sciencemag, Kamis (3/9/2020) dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah penampakkan anjing liar di dekat tambang emas di dataran tinggi Papua.

Menariknya, anjing liar tersebut terlihat, berperilaku seperti anjing penyanyi Papua. Penduduk setempat juga mengklaim kadang-kadang mendengar lolongan dari anjing-anjing liar tersebut.

Hal ini membuat peneliti penasaran apakah anjing dari dataran tinggi itu memiliki hubungan dengan anjing penyanyi Papua atau tidak.

Update Virus Corona di Papua dan Papua Barat 5 September: Kasus Positif Capai 4.861

Untuk membuktikannya, ahli zoologi James Mclntyre mengadakan ekspedisi ke dataran tinggi Papua di dekat tambang emas dan tembaga, Grasberg.

Dalam ekspedisi tersebut, Mclntyre dan tim ilmuwan dari University of Papua memotret dan mengumpulkan sampel kotoran dari 15 anjing liar dataran tinggi.

Tim akhirnya juga berhasil menjebak 3 anjing dan mengumpulkan sampel darah dari anjing liar itu.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved