Breaking News:

Belajar dari Rumah

Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 16 September untuk SMA: Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 16 September 2020 membahas Kerajaan Hindu dan Buddha untuk siswa SMA dan sederajat.

Pixabay/asianone.com
Ilustrasi belajar 

TRIBUNPAPUA.COM - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 16 September 2020 membahas Kerajaan Hindu dan Buddha untuk siswa SMA dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut, terdapat dua pertanyaan. Berikut soal kedua dan jawabannya:

Soal: Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan maritim yang terkenal di Indonesia dengan latar agama Buddha. Kerajaan ini pernah mengalami masa emasnya pada masa pemerintahan Raja Bala Putera Dewa. Sekarang jawab -pertanyaan ini.

  1. Mengapa Kerajaan Sriwijaya runtuh?
  2. Mengapa Kerajaan Sriwijaya dikatakan menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara dan apa dampaknya bagi perekonomian Indonesia pada masa itu?

Jawaban Soal SMP TVRI 16 September: Cara Melestarikan Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Jawaban:

Kerajaan Sriwijaya runtuh

Alasan Kerajaan Sriwijaya runtuh karena:

  • Munculnya kerajaan-kerajaan besar

Kerajaan Sriwijaya mengalami keruntuhan mulai abad ke-13 Masehi. Ditandai dengan munculya kerajaa-kerajaan besar, seperti Kerajaan Siam.

  • Banyak daerah-daerah yang ditaklukkan Seiwijaya mulai melepaskan diri

Beberapa kerajaan tersebut, yaitu:

  1. Kerajaan Medang Kamulan yang menyerang Sriwijaya di tahun 990 Masehi, di bawah pimpinan Raja Dharmawangsa. Serangan ini cukup melemahkan Sriijaya,.
  2. Serangan dari Kerajaan Colamandala yang menyerang Sriwijaya di tahun 1023 dan 1030 Masehi. Penyerangan ini akibat masalah politik dan persaingan perdagangan.
  • Desakan Kerajaan Thailand

Selain peperangan yang terjadi, Kerajaan Sriwijaya juga terdesak oleh Kerajaan Thailand yang memperluas kekuasaan dan mulai ikut andil dalam perdagangan internasional.

  • Serangan Majapahit

Serangan Kerajaan Majapahit pada 1477 Masehi yang membuat berakhirnya Kerajaan Sriwijaya. Hal ini terjadi karena kondisi Sriwijaya yang sudah melemah akubat permasalahan-permasalahan sebelumnya.

Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 16 September Kelas 4 5 6 SD: Kisah Inspiratif Pengusaha Tempe

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved