Breaking News:

Demi Bayar Utang Pilkada seusai Gagal Terpilih, Mantan Calon Bupati Madiun Edarkan Uang Palsu Rp 1 M

Mantan Calon Bupati Madiun, SMRD (63), nekat mengedarkan uang palsu sebanyak Rp 1 miliar, demi melunasi utang Pilkada 2013.

Editor: Astini Mega Sari
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi uang rupiah 

TRIBUNPAPUA.COM - Mantan Calon Bupati Madiun, SMRD (63), nekat mengedarkan uang palsu sebanyak Rp 1 miliar, demi melunasi utang Pilkada 2013.

Ia mengaku utangnya menumpuk setelah gagal mencalonkan diri.

Selain untuk melunasi utangnya, SMRD diketahui nekat mengedarkan uang palsu untuk biaya berobat.

Warga Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, tersebut mengambil uang palsu dari ANT, anggota sindikat pengedar uang palsu dari Surabaya, dengan janji komisi sebesar Rp 30 persen.

Kasus tersebut terbongkar saat polisi berhasil menangkap SMRD dan rekannya setelah mereka mentransfer uang palsu di BRI Link di Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.

Saat diperiksa, mereka mengaku mendapat uang palsu tersebut dari rekannya di Kabupaten Nganjuk dan Surabaya.

Mantan Anggota DPRD Gunungkidul Curi Pisang di Pasar, Penjual: Terus Terang Saya Juga Kaget

"Kedua tersangka pertama ditangkap usai mentransfer uang palsu BRI Link di Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.

Kedua tersangka mengaku mendapat uang palsu itu dari temannya di Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk dan Surabaya," ungkap Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP I Gusti Agung Ananta Pratama, Senin (28/9/2020).

Sebesar Rp 1 M Polisi lalu menyita uang palsu senilai Rp 400 juta dalam pecahan Rp 100.000 yang dibungkus karung bekas tepung terigu yang disembunyikan di lemari.

Sementara yang sudah diedarkan oleh para tersangka melalu BRI Link sebesar Rp 44,5 juta.

"Seluruhnya uang palsu yang kami sita dan temukan dari tangan tersangka bernilai Rp 1 miliar dalam pecahan Rp 100 ribuan. Sudah diedarkan senilai Rp 44,5 juta, seluruhnya lewat BRI Link berbeda," kata Ananta.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved