Breaking News:

Pemkab Cari Hotel untuk Tempat Karantina 82 Tenaga Medis di Manokwari yang Terjangkit Covid-19

Sebanyak 82 tenaga medis di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Ilustrasi Rapid Test. 

TRIBUNPAPUA.COM - Sebanyak 82 tenaga medis di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Manokwari dr Henri Sembiring mengatakan, sebanyak 37 kasus berasal dari klaster tenaga medis rumah sakit.

Sedangkan 44 kasus positif Covid-19 berasal dari klaser tenaga medis puskesmas dan satu tenaga medis dari klaster klinik.

Sembiring mengatakan, pasien positif dari klaster tenaga medis rumah sakit telah diisolasi di rumah sakit setempat.

Sementara, pasien positif Covid-19 dari klaster tenaga medis puskesmas menjalani karantina mandiri.

Tak Tahan dengan Sikap Kapolres Blitar, Polisi Ini Mundur: Maaf Istriku, Kita Bisa Makan Pakai Garam

"Sekarang kita sedang berjuang mencari tempat yang tepat untuk isolasi mereka. Ada satu hotel yang bisa dipakai tapi kita tidak memenuhi syarat protokol kesehatan, takutnya nanti menular ke menular ke masyarakat," kata Sembiring di Manowakri seperti dkutip dari Antara, Jumat (2/10/2020).

Selain kasus dari klaster tenaga medis, banyak masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih menjalani karantina mandiri.

Padahal, Gubernur telah meminta seluruh pasien Covid-19 dirawat di fasilitas karantina agar tidak menularkan virus ke keluarga serta kerabatnya.

Sejumlah fasilitas kesehatan di daerah ini terpaksa menutup beberapa pelayanan karena banyak tenaga medis yang terpapar Covid-19. Langkah itu dilakukan untuk memutus penularan.

Fasilitas kesehatan yang tutup akibat Covid-19 di Manokwari meliputi RSU Manokwari, Puskesmas Wosi, Puskesmas Masni, serta Puskesmas Amban.

Umumkan Lewat Twitter, Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump Positif Covid-19

Sebelumnya sudah ada tiga puskesmas yang tutup karena sebab yang sama, yakni Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Sanggeng, dan Puskesmas Maripi.

Tiga puskesmas itu sudah kembali beroperasi dengan mengoptimalkan tenaga medis yang tidak terpapar.

"Kami imbau para nakes benar-benar menerapkan protokol ketat saat memberikan pelayanan. Minimal menggunakan alat pelindung diri (APD) level dua," kata Sembiring.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "82 Tenaga Medis di Manokwari Positif Covid-19, Pemkab Cari Hotel untuk Tempat Karantina"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved