Breaking News:

Sebelumnya Dikabarkan Hilang, Adik Kim Jong Un Muncul Lagi di Depan Publik

Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, kembali muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak dikabarkan hilang.

(AFP Photo via Hindustan Times)
Foto tak bertanggal yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada 2 Oktober 2020 menunjukkan Pemimpin Kim Jong Un dan adiknya Kim Yo Jong (dua dari kiri), bersama sejumlah pejabat Korea Utara lainnya mengunjungi sawah di Kimhwa County, Provinsi Kangwon. 

TRIBUNPAPUA.COM - Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, kembali muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak dikabarkan hilang.

Media pemerintah KCNA memberitakan, Kim adik bergabung bersama kakaknya dan sejumlah pejabat penting Korea Utara yang lainnya, dikutip Hindustan Times Jumat (2/10/2020).

Mereka disebut melakukan inspeksi di lokasi pengerjaan rekonstruksi daerah yang mengalami kerusakan akibat banjir pada September kemarin.

Kim Yo Jong menjadi salah satu sosok berpengaruh Korut pada April, ketika kondisi sang kakak dirumorkan tengah memburuk atau bahkan meninggal.

Terakhir kali dia disebut dalam pemberitaan adalah tatkala menemani Kim Jong Un berkunjung ke peternakan ayam, di mana dia mengambil puntung rokok dari tangan kakaknya.

Kemunculan kembali Kim adik pun menuai respons dari Rachel Minyoung Lee, analis politik independen yang bekerja dengan pemerintah AS.

Kirim Sekeranjang Bunga untuk Kim Jong Un, Ini Doa dan Harapan Presiden Joko Widodo

"Daftar dari para pejabat yang ikut dalam kunjungan menunjukkan bahwa dia (Kim adik) belum dipinggirkan," papar Minyoung Lee.

Status perempuan yang diyakini berusia 32 tahun itu disorot pada tahun ini sebagai pemain kunci antara Korut dengan AS maupun tetangganya, Korea Selatan.

Harian "Negeri Ginseng" Chosun Ilbo bahkan melaporkan dia diduga bertemu dengan Presiden Donald Trump sebagai bentuk dukungan sebelum Pilpres AS.

Salah satu pejabat di departemen propaganda dan agitasi itu memimpin serangkaian ancaman dan provokasi terhadap Korea Selatan.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved