Breaking News:

Turki dan Yunani Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, BMKG: Tsunami Tidak Berdampak ke Wilayah Indonesia

Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 7,1 guncang wilayah kepulauan Dodecanee, Yunani pada pukul 18.51 WIB atau 13.51 waktu setempat, Jumat (30/10/2020)

ABCnews.
Ilustrasi gempa. 

TRIBUNPAPUA.COM - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 7,1 mengguncang wilayah kepulauan Dodecanee, Yunani pada pukul 18.51 WIB atau 13.51 waktu setempat, Jumat (30/10/2020).

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 37.89 LU dan 25.84 BT.

Adapun, lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 17 kilometer arah barat laut Samos, Yunani pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Sei MSc menyampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi tersebut telah berdampak terhadap guncangan yang dirasakan di berbagai wilayah dan tsunami lokal.

Baca juga: Video Kondisi Kota Izmir Turki setelah Diguncang Gempa Magnitudo 7, Gedung Apartemen Runtuh

Dampak guncangan gempa bumi ini dirasakan di negara Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara.

"Gempa bumi ini (juga) menimbulkan tsunami lokal," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga menyebutkan bahwa tsunami lokal itu tercatat di stasiun-stasiun tide gauge di Yunani, seperti di stasiun Syros ±8 cm, Kos ±7 cm, Plomari ±5 cm dan Kos Marina ±4 cm, sedangkan stasiun tide gauge di Turki tidak ada data.

Rahmat mengatakan, dengan memperhatikan lokasi epienter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan kerak dangkal di area tersebut.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal faults)," ujarnya.

Baca juga: Viral Video Oknum Klub Moge Keroyok Anggota TNI di Bukittinggi, Dipicu Kesalahapahaman di Jalan

BMKG pun menegaskan, mekipun gempa bumi bermagnitudo M 7,1 itu memiliki jangkauan guncangan yang luas dan menimbulka tsunami lokal, fenomena ini tidak berdampak ke Indonesia.

"Kepada masyarakat dihimbau tetap tenang karena tsunami tidak berdampak ke wilayah Indonesia, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelasnya.

(Kompas.com/Ellyvon Pranita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa M 7,1 Guncang Turki dan Yunani, Tak Berdampak pada Indonesia

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved