Breaking News:

Viral Yel Papua Merdeka di Kongres GMKI, Ketua Umum Terpilih Jefri Gultom Beri Klarifikasi

Ketum GMKI Terpilih memberikan klarifikasi mengenai video teriakan atau yel 'Papua Merdeka' dalam Kongres GMKI ke-37 yang viral di media sosial.

Istimewa
Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Terpilih Jefri Gultom dalam forum Kongres GMKI 

TRIBUNPAPUA.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Terpilih, Jefri Gultom memberikan klarifikasi mengenai video teriakan atau yel 'Papua Merdeka' dalam Kongres GMKI ke-37 yang viral di media sosial.

Jefri mengatakan pihaknya sama sekali tak mendukung gerakan Papua Merdeka dalam kongres tersebut.

Ia menyebut, video yang beredar adalah video yang sengaja dipotong oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Bahwa kemudian ada penggalan video yang saat ini beredar tentang GMKI menyerukan Papua Merdeka itu hanyalah pembahasan aspirasi dari Pansus tentang isu-isu di Papua yang dibacakan semuanya di depan forum Kongres," ungkap Jefri dalam rilis yang diterima oleh TribunPapua.com.

"Ada lanjutan dari video yang sepertinya dengan sengaja dipotong oleh oknum yang memotong dan menyebarkan video ini, bahwa kemudian ada aspirasi dari kawan-kawan GMKI dari anggota Pansus Papua itu yang menyatakan kalau Papua itu harus merdeka dari ketertinggalan, merdeka dari kemiskinan, merdeka dari keterisolasian."

Rekaman video teriakan Papua Merdeka yang tersebar itu terjadi saat proses penyampaian hasil rekomendasi panitia khusus hasil rapat komisi sebelumnya.

Hasil rapat komisi itu kemudian salah satunya menyampaikan, soal rekomendasi terkait kondisi Papua saat ini.

"Semua poin-poin rekomendasi yang dibacakan oleh Pansus akan dikaji lebih mendalam oleh Pengurus Pusat GMKI yang baru terpilih serta ditindaklanjuti kepada berbagai pihak terkait sesuai dengan hasil pembahasan Pengurus Pusat GMKI," ungkap Jefri.

"Itu merupakan komitmen bersama GMKI yang harus menjadi catatan bagi negara, bahwa negara harus hadir bersama-sama untuk melihat sampai ke akar rumput tentang kondisi riil di Papua."

"Kesejahteraan bagi masyarakat asli Papua itu merupakan hal yang menjadi komitmen negara dan GMKI bersama-sama juga dengan gereja nantinya akan mengawal hal tersebut."

GMKI, kata Jefri, menyatakan sikap bahwa NKRI adalah harga mati.

Jefri meminta masyarakat tak terprovokasi oleh isu-isu atau video yang telah tersebar tersebut.

Pihaknya juga tengah mempertimbangkan untuk melaporkan pihak-pihak yang telah mendiskreditkan keluarga besar GMKI dengan memotong video utuh dari pembahasan Pansus tersebut dan menyebarluaskannya melalui media sosial.

Berikut adalah video lengkap dan utuh terkait pemaparan poin-poin rekomendasi yang dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) Isu-Isu Papua dalam Kongres ke-37 GMKI di Manokwari, Papua Barat pada 24-30 November 2020:

(*)

Editor: Astini Mega Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved