Breaking News:

Liga 1

Polemik Wakil Indonesia di Piala AFC Selesai, Ini Harapan Persipura Jayapura

Persipura Jayapura ingin menyampaikan kepada PSSI satu hal yang lebih penting daripada kisruh penentuan wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Instagram/persipurapapua1963
Persipura Jayapura menggelar pemusatan latihan di Kota Batu, Malang, Jatim. 

TRIBUNPAPUA.COM - Persipura Jayapura ingin menyampaikan kepada PSSI satu hal yang lebih penting daripada kisruh penentuan wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Seperti diketahui, belum lama ini sempat terjadi polemik soal utusan klub Tanah Air untuk Piala AFC 2021 yang melibatkan PSSI dan Persipura Jayapura.

Persipura Jayapura pernah memberikan protes setelah PSSI sempat menunjuk Persija Jakarta untuk menemani Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Penunjukkan Persija Jakarta di Piala AFC 2021 itu membuat Persipura Jayapura bertanya mengenai dasar regulasi yang digunakan oleh PSSI.

Baca juga: Keputusan Rapat Exco, Persipura Jayapura Ikut Jadi Wakil Indonesia di Piala AFC 2021

Para pemain Persipura Jayapura saat berlatih
Para pemain Persipura Jayapura saat berlatih (Instagram/persipurapapua1963)

PSSI sendiri sempat menunjuk Persija sebagai salah satu klub Indonesia yang akan tampil di Piala AFC 2021 karena berstatus runner-up Piala Indonesia 2018/2019.

Persija Jakarta menggantikan PSM Makassar yang merupakan juara Piala Indonesia 2018/2019, namun tim dengan julukan Juku Eja tersebut tidak lolos verfikasi klub profesional AFC.

Oleh sebab itu, PSSI pun menunjuk Persija dan Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 dalam rapatnya, 16 Desember 2020.

Persipura Jayapura pun protes dengan hasil rapat itu karena menilai tidak sesuai dengan aturan AFC yang tertuang dalam Entry Manual for AFC Club Competitions 2021 pada pasal sembilan yang membahas sporting criteria.

Baca juga: Maafkan PSSI atas Kesalahan Perwakilan AFC, Persipura Jayapura Ingatkan Harus Hati-hati

Dalam pasal sembilan itu AFC menuliskan yang berhak tampil di kompetisi antarklub di Asia yakni klub juara liga domestik, juara piala domestik, runner up liga domestik, peringkat ketiga liga domestik, serta peringkat keempat liga domestik.

Dalam hasil rapatnya 16 Desember 2020, PSSI berpacu pada kompetisi musim 2019.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved