Breaking News:

Sandiaga Uno Terpilih Jadi Menteri Jokowi, Pengamat Politik Nilai Ada 2 Alasan

Pengamat politik menilai ada dua alasan Sandiaga Uno jadi menteri baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

Editor: Astini Mega Sari
Instagram/sandiuno
Sandiaga Uno 

TRIBUNPAPUA.COM - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menilai ada dua alasan Sandiaga Salahudin Uno masuk dalam dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode dua ini.

Ia menilai Sandiaga Uno masuk kabinet Jokowi atas dasar saran dan keputusan Partai Gerindra.

"Tentu saja SU (Sandiaga Uno) masuk kabinet atas dasar saran dan kehendak partai," kata Ray kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Ray menjelaskan, alasan Sandiaga Uno menerima tawaran menteri bisa disebabkan oleh beberapa faktor taktis dan strategis.

Menurut Ray, setidaknya ada dua alasan.

Baca juga: Istrinya Positif Covid-19, Sandiaga Uno: Dia dalam Kondisi Sehat dan Tanpa Gejala

Pertama, jika Sandiaga Uno memiliki kemampuan untuk menjadikan jabatannya sebagai magnet baru dari kursi kabinet, tentu berbasis kinerja dan prestasi.

"Sebab, jabatan di menteri pariwisata akan memudahkan SU berhubungan dengan kaum Milenial yang memang jadi pemilih mayortas pada pilpres yang akan datang," ucapnya.

Kedua, kata Ray, jika tidak ada pergeseran jabatan di Gerindra, maka posisi Sandiaga Uno sebagai anggota kabinet akan menguatkannya di lingkungan partai.

"Hal positif ini bisa jadi pertimbangan," ucapnya.

Selain itu, Ray menilai kemungkinan lain Sandiaga Uno menerima tawaran Menteri karena diminta langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved