Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Sejumlah Barang Penumpang Sriwijaya Air SJ 182 Kembali Ditemukan, Baju Pramugari hingga Robekan Uang

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan sejumlah barang milik penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182, ada baju pramugari hingga robekan uang.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Seribu di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Temuan bagian pesawat selanjutnya akan diperiksa oleh KNKT sedangkan potongan tubuh korban diserahkan kepada DVI Polri untuk identifikasi lebih lanjut. 

TRIBUNPAPUA.COM - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan sejumlah barang milik penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu pada Senin (11/1/2021).

Jurnalis Kompas TV Alvi Apriayandi yang ikut dalam penyelaman bersama tim SAR mengatakan, ditemukan baju pramugari hingga robekan uang tunai Rp 100.000 di dasar laut dengan kedalaman sekitar 20 meter.

"Yang kami indikasikan seperti pakaian pramugari, rompi kru pesawat, beberapa pakaian penumpang, ada juga uang yang tersebar dan tercecer di dasar laut," kata Alvi dilansir dari video Kompas TV.

Tim SAR hanya mengambil beberapa sampel barang-barang milik penumpang dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Baca juga: Pesan di DP WA Terakhir Kapten Afwan: Setinggi Apapun Aku Terbang, Tak Mencapai Surga bila Tak Salat

"Kita hanya ambil beberapa sampel untuk dijadikan sebagai bukti," ungkap Alvi.

Hingga kini, tim SAR masih terus mengevakuasi serpihan pesawat dan jenazah korban, sekaligus mencari black box.

Nantinya, black box akan dianalisa guna mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Petugas mengidentifikasi kantong jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Seribu di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Temuan bagian pesawat selanjutnya akan diperiksa oleh KNKT sedangkan potongan tubuh korban diserahkan kepada DVI Polri untuk identifikasi lebih lanjut.
Petugas mengidentifikasi kantong jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang jatuh di perairan Pulau Seribu di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Temuan bagian pesawat selanjutnya akan diperiksa oleh KNKT sedangkan potongan tubuh korban diserahkan kepada DVI Polri untuk identifikasi lebih lanjut. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sebagai informasi, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1/2021) lalu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pesawat itu mengangkut 62 jiwa.

Baca juga: Pesan Penumpang Sriwijaya Air ke Istri dan Anaknya sebelum Berangkat: Kalau Kangen Lihat Baju Bapak

Rinciannya, 6 kru aktif plus 56 penumpang yang terdiri dari 46 penumpang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.

Sebelum hilang kontak, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sempat keluar jalur penerbangan, yakni menuju arah barat laut. 

Air Traffic Controller (ATC atau petugas pengatur lalu lintas udara) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat.

Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak hingga akhirnya jatuh.

Hingga Senin pukul 22.00 WIB, total ada 74 kantong jenazah, 24 kantong berisi potongan besar pesawat, dan 16 kantong potongan kecil pesawat yang sudah dievakuasi petugas.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 182 Diduga Hancur karena Membentur Permukaan Air Laut, KNKT: Bukan Meledak di Udara

Sementara itu, tim DVI RS Polri Kramatjati berhasil mengidentifikasi satu korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, yakni atas nama Okky Bisma.

Okky Bisma yang berusia 30 tahun merupakan warga Kramatjati, Jakarta Timur.

Okky berhasil diidentifikasi berkat pencocokan antara sidik jari antemortem dan postmortem.

(Kompas.com/Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tim SAR Temukan Baju Pramugari Sriwijaya Air SJ 182 hingga Robekan Uang Tunai

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved