Breaking News:

Pemkot Jayapura Bentuk Tim untuk Tertibkan Parkir Kendaraan, Wawali: Agar Tak Timbulkan Kemacetan

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, membentuk tim untuk melakukan penertiban di area yang sering terjadi kemacetan.

Dok. Humas Kota Jayapura
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru (tengah) 

TRIBUNPAPUA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, membentuk tim untuk melakukan penertiban di area yang sering terjadi kemacetan.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru menyebutkan tim tersebut dibentuk untuk mengatur parkiran kendaraan.

"Pembentukan tim ini supaya disiplin dalam menata dan mengatur kendaraan kita. Tim ini kita bentuk untuk bekerja dalam tiga kali semingu untuk mengatur parkiran motor dan mobil di sepanjang jalan Ahmad Yani di pusat Kota Jayapura, agar ditata," kata Rustan ketika dikonfirmasi Tribunpapua.com, Selasa (2/2/2021).

Rustan ingin semua kendaraan roda empat di sepanjang Jalan Ahmad Yani diparkir di samping bahu jalan, sementara kendaraan roda dua diparkir di halaman bekas kantor Dinas Kesehatan, Jalan Matahari, dan sebagian memafaatkan halaman parkir Hotel Horison Jayapura.

Baca juga: Satu Nelayan Hilang di Laut Hamadi Jayapura, Tim SAR Masih Lakukan Pencarian

"Kita berharap penertiban parkiran ini dapat berjalan lancar dan nantinya diikuti oleh tim berikutnya yaitu tim Bappenda dan kelurahan untuk membantu menata penertiban ini," ujarnya.

Rustan meminta, penertiban parkiran kendaraan ini, harus rutin dilakukan setiap minggu.

Masyarakat diharapkan memahami agar tidak sembarang memarkir kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat.

"Kalau parkir tidak ditertibkan maka itu akan menimbulkan kemacetan, tidak rapi dan juga tidak indah dipandang mata," katanya.

Lebih lanjut, tim yang dibentuk tersebut juga diharapkan bisa menata kendaraan yang diparkir di area Paldam yang biasa menjadi lokasi pasar pagi.

Baca juga: 18 Kabupaten di Papua Belum Terima Vaksin Covid-19, Ini Alasannya

"Untuk itu, kita minta mulai pukul 06.00 WIT sampai pukul 09.00 WIT itu dikosongkan, atau paling tidak sampai pukul 10.00 WIT baru bisa parkir disitu," ujarnya.

Selain itu, tim juga diminta menertibkan parkiran kendaraan di sekitar lokasi Mall Jayapura dan halaman Bank Indonesia, lantaran banyak parkiran kendaraan yang tidak teratur.

Rustan menuturkan ada oknum yang meminta tarif parkir yang tak sesuai dengan retribusi pajak di Kota Jayapura.

"Ini yang membuat kita membentuk tim ini untuk menertibkan kendaraan, agar tidak macet. Selain itu, ada pedagang kaki lima yang melanggar aturan lalu lintas, dia sudah menggunakan trotoar untuk berjualan, ini juga mengganggu arus pejalan kaki di situ," katanya.

Dengan demikian, pihaknya meminta Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP terutama untuk menetibkan, lantaran sudah ada komunikasi dengan pedagang kaki lima.

(Kontributor Tribunpapua.com/Musa Abubar)

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved