Breaking News:

Lakukan Kunjungan ke Sorong, Menteri Nadiem Beri Bantuan Perahu untuk Alat Transportasi Pelajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan sebuah perahu untuk para pelajar di Distrik Sorong Kepulauan, Papua Barat.

Tim Stafsus Presiden Billy Mambrasar via Kompas.com
Stafsus Presiden Billy Mambrasar mendampingi Mendikbud Nadiem Makarim melakukan kunjungan kerja ke Sorong, Papua Barat, Kamis (11/02/2021). 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan sebuah perahu untuk para pelajar di Distrik Sorong Kepulauan, Papua Barat.

Pemberian perahu dilakukan saat berkunjung ke Sorong pada Kamis (11/2/2021).

Perahu bantuan dari Nadiem tersebut langsung diuji coba bersama sejumlah pelajar di Distrik Sorong Kepulauan.

Dilansir dari Kompas TV, Nadiem mengimbau agar warga Sorong memaksimalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mendukung pendidikan anak termasuk untuk membiayai ongkos trannsportasi para pelajar.

Baca juga: Viral Rombongan Moge Dikawal Polisi Lolos Pemeriksaan Rapid Antigen, Walkot Bogor: Kita akan Lacak

"Dana BOS kalau mau digunakan untuk beli perahu bisa buat transportasi anak. Kalau dana BOS mau digunakan untuk biaya transportasi anak antarpulau, itu juga boleh digunakan."

"Jadi ibu bapak kepala sekolah, jika memang yang terpenting itu bukan beli jendela baru buat sekolah, tapi bayar biaya transportasi sekolah anak-anak, itu boleh digunakan," kata Nadiem.

Saat di Papua, Nadiem didampingi Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar yang juga melakukan kunjungan ke Kampung Adat dan Kampung Wisata Malaumkarta.

“Ini merupakan kunjungan pertama Mas Menteri ke Tanah Papua, dan beliau memilih Sorong, Papua Barat, sebagai pijakan kaki pertamanya, dan bertemu dengan masyarakat suku Moi, sebagai suku dari ratusan suku Papua lainnya, yang pertama beliau ajak diskusi,” ujar Billy Mambrasar yang juga merupakan putra asli Papua asal Biak.

Baca juga: Penjelasan Dandim 1705/Nabire soal Kondisi Anggota TNI yang Ditembak KKB di Intan Jaya Papua

Dalam kunjungan tersebut, Mendikbud menampung aspirasi dari kepala perwakilan adat suku Moi, yang berasal dari berbagai subsuku Moi, terkait pelestarian budaya dan bahasa suku-suku asli di Papua.

Beberapa aspirasi di antaranya adalah pendirian SMK Pariwisata dan Perikanan di wilayah Malaumkarta, Distrik Makbon, dan upaya untuk melestarikan bahasa-bahasa asli suku Moi dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Di Sorong, Menteri Nadiem Beri Bantuan Perahu untuk Alat Transportasi Pelajar di Kepulauan

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved