Breaking News:

Kucurkan Dana Rp 11,97 Miliar, Kementerian PUPR Bedah 114 Unit Rumah di Papua

Ditjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membedah 411 unit rumah di Provinsi Papua pada Tahun 2021.

(Dok.BALAI PELAKSANA PENYEDIAAN PERUMAHAN WILAYAH PAPUA I / BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)
Bedah rumah di Provinsi Papua. 

TRIBUNPAPUA.COM - Anggaran sebesar Rp 11,97 miliar dialokasikan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membedah 411 unit rumah di Provinsi Papua pada Tahun 2021.

Bedah rumah tersebut dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Program BSPS ini akan disalurkan kepada masyarakat yang rumahnya tidak layak huni.

"Pelaksanaannya pun merata di berbagai provinsi di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke,” ujar Khalawi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Jumlah rumah itu merupakan bedah rumah tahap I yang dilakukan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR di Provinsi Papua.

Baca juga: Prajurit TNI Prada Ginanjar Gugur Ditembak KKB di Bagian Perut, Jenazah Dievakuasi ke Mimika

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Papua I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Pelaksanaan bedah rumah ini akan dilakukan di lima kabupaten yakni, Kabupaten Jayapura sebanyak 16 unit, Kabupaten Keerom sebanyak 99 unit, Kabupaten Jayawijaya 140 unit, Kabupaten Lany Jaya 94 unit, serta Kabupaten Kepulauan Yapen sebanyak 65 unit.

Menurut Khalawi, program BSPS ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni secara swadaya.

Meski begitu, pemerintah memberikan stimulan agar mereka memiliki semangat gotong royong untuk membangun rumahnya agar lebih layak huni, sehat, dan nyaman.

Untuk melihat kesiapan masyarakat di lapangan dan calon penerima bantuan, Balai P2P Wilayah Papua I Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua telah melakukan pemantauan dan evaluasi proses pelaksanaan program BSPS.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved