Breaking News:

Situasi Terbaru di Bandara Aminggaru Pasca-Penyerangan KKB ke Prajurit TNI AU, Baku Tembak 2,5 Jam

Kontak senjata antara aparat keamanan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, terjadi.

(KOMPAS.com/Indra Akuntono)
Ilustrasi Landasan Pacu Bandara 

TRIBUNPAPUA.COM - Kontak senjata antara aparat keamanan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua terjadi pada Jumat (19/2/2021).

Kejadian yang bermula dari aksi penembakan yang dilakukan KKB kepada Phaskas yang sedang mengamankan bandara, mengakibatkan seorang anggota KKB bernama Tera Wamang (32 tahun) tewas terkena tembakan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal memastikan saat ini situasi di Ilaga telah kondusif dan msyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Hanya saja, akibat gangguan keamanan di landasan pacu Bandara Aminggaru, saat ini maskapai penerbangan untuk sementara menutup penerbangan untuk ke Ilaga.

Baca juga: Fakta KKB Masuk Landasan Pacu Serang Anggota TNI AU, Terjadi Baku Tembak hingga 2,5 Jam

"Karena lokasinya ada di kawasan bandara, dan dari komunikasi yang dibangun oleh para pengusaha transportasi, untuk hari ini untuk sementara tidak ada penerbangan," ujar Kamal di Jayapura, Sabtu (20/2/2021).

Aparat gabungan, sambung dia, akan tetap menerapkan standsr pengamanan di kawasan bandara agar maskapai penerbangan mau membuka penerbangan ke Ilaga kembali.

Hal ini sangat penting karena jalur udara adalah satu-satunya akses pintu masuk ke Kabupaten Puncak.

"Satu-satunya akses ke Ilaga adalah dengan penerbangan, BBM kemudian logistik untuk keperluan masyarakat sehari-hari hanya bisa diantar dengan penerbangan," kata Kamal.

Sedangkan untuk jenazah Tera Wamang sudah diserahkan ke pihak keluarga.

"Jenazah setelah selesaikan dilakukan pendataan di Puskesmas Ilaga sudah diserahkan ke pihak keluarga korban dan tidak lama kemudian jenazah dibakar tidak jajh dari Puskesmas," kata dia.

Baca juga: Satu Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak dengan TNI AU, Pelaku Lain Kabur ke Atas Bukit

Diberitakan sebelumnya,  Kontak senjata antara aparat TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di Bandara Amenggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (19/2/2021).

Akibat kontak senjata yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut, seorang anggota KKB tewas tertembak.

"Sekitar pukul 09.20 WIT di Ilaga, tepatnya di runway Bandara Ilaga terjadi penembakan terhadap rekan-rekan Paskhas sedang melakukan pengamanan bandara," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, di Jayapura, Jumat.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-kontak Senjata KKB dan TNI-Polri di Bandara Ilaga Papua, Maskapai Hentikan Penerbangan"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved