Breaking News:

Dinkes Papua Datangi 3 Kabupaten untuk Pelatihan dan Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dinkes Papua mendatangi tiga kabupaten untuk melakukan pelatihan sekaligus menyuntik vaksinasi Covid-19 ke petugas kesehatan.

(Humas Dinkes Papua)
Beberapa tenaga kesehatan usai mengikuti pelatihan vaksinasi Covid-19 

TRIBUNPAPUA.COM - Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua mendatangi tiga kabupaten untuk melakukan pelatihan sekaligus melakukan vaksinasi Covid-19 ke petugas kesehatan.

"Pada Rabu (17/2/2021) itu kan kita ke Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, kita antar vaksin Covid-19, kemudian 16 orang suntik vaksinasi corona perdana," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Papua dr Aaron Rumainum ketika dikonfirmasi Tribunpapua.com, Jumat (26/2).

Setelah itu, kata dia, pada Kamis (18/2/2021) pelatihan vaksinator kepada petugas kesehatan Kabupaten Waropen, berlangsung di Serui. Setelah pelatihan, 10 orang disuntik vaksin.

Kemudian, pada Selasa (23/2/2021) tim tiba di Kabupaten Biak Numfor dan langsung monitoring kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Biak Kota.

Baca juga: Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Warga Satu Dusun di Alor Sembunyi di Hutan

"Kamis (25/2/2021) sebenarnya jadwal pulang karena Rabu tidak ada pesawat, karena khusus di wilayah adat Saireri sudah tiga kabupaten karena kebetulan Rabu (24/2/2021) itu kami ke Kabupaten Supiori," ujarnya.

Ternyata, menurut dia, kedatangan tim ke Supiori ada untungnya, lantaran petugas di Supiori setelah melalukan pelatihan vaksinasi corona di Biak, mereka belum berani melakukan vaksinasi corona.

Lantaran petugas kesehatan tak berani melakukan vaksinasi dan ketua tim vaksinasi di Supiori juga belum mau divaksin, akhirnya tim vaksinasi dari Dinkes Papua memberikan sosialisasi sekaligus simulasi.

"Kita langsung bikin sosialisasi vaksinasi sekalian simulasi. Setelah itu, langsung 16 orang mau untuk disuntik vaksin Covid-19. Dari 16 orang yang disuntik ini, ada satu pegawai inspektorat dari Supiori yang disuntik karena ikut mengawasi sesuai dengan perintah BPKP," katanya.

Baca juga: Polisi Tangkap 5 Orang yang Diduga Jual Senjata ke KKB, Wakapolda Papua: Mereka Jaringan Makassar

Dia mengatakan, pegawai inspektorat ini memberi diri untuk disuntik bersama 15 tenaga kesehatan yang mau disuntik vaksin.

Sesuai perintah dari BPKP, kata dia, seluruh pegawai inspektorat wajib mengawasi pelaksanaan vaksinasi corona.

"Pada Kamis (25/2/2021), tim Dinkes Papua, memfasilitasi petugas kesehatan dari Kabupaten Mamberamo Raya untuk melakukan vaksinasi corona yang kedua," ujarnya.

Menurut dia, ada tujuh petugas kesehatan yang datang untuk mengikuti pelatihan vaksinasi corona. Kemudian petugas dari Kabupaten Nduga empat orang dan dari Kabupaten Deiyai satu orang.

"Kabupaten Nduga untuk melakukan vaksinasi pertama, kami pake akun-akun puskesmasnya yakni Puskesmas Kenyam yang kami pake. Jadi, Dinas Kesehatan Provinsi Papua memfasilitasi mereka," tambah dia.

(Kontributor TribunPapua.com/Musa Abubar)

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved