Breaking News:

Dengar Saran Ormas Keagamaan dan Pemda, Jokowi Putuskan Cabut Aturan soal Investasi Miras

Aturan mengenai investasi industri minuman keras yang tercantum dalam lampiran Perpres telah resmi dicabut.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo Sabtu (6/12/2020). Terbaru, Jokowi menjalani suntik vaksin Covid-19 hari ini, Rabu (13/1/2021), seperti apa pengalamannya? 

TRIBUNPAPUA.COM - Aturan mengenai investasi industri minuman keras yang tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, telah resmi dicabut.

Keputusan ini disampaikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/3/2021).

"Bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," kata Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, keputusan ini diambil setelah menerima masukan dari berbagai organisasi masyarakat keagamaan serta pemerintah daerah.

"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama MUI, Nahdlatul Ulama NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas lainnya, serta tokoh-tokoh agama yang lain, dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah," ujar Jokowi.

Baca juga: Amien Rais Minta Maruf Amin Ingatkan Jokowi soal Investasi Miras: Katakan Pak Presiden Ini Keliru

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung sejak tahun ini.

Sebelumnya, industri tersebut masuk kategori bidang usaha tertutup. Kebijakan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Beleid yang merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ini telah ditandatangani Presiden Jokowi dan mulai berlaku tanggal 2 Februari 2021.

 (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Jokowi Putuskan Cabut Aturan soal Investasi Miras dalam Perpres 10/2021 "

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved