Breaking News:

Viral Video Polisi Myanmar Tembak Mati Demonstran dari Jarak Dekat, Ini Respons HAM PBB

Viral di media sosial, sebuah rekaman kebrutalan polisi Myanmar yang menembak seorang demonstran dari jarak dekat hingga tewas.

Sumber: Bangkok Post
Polisi Myanmar menodongkan senjatanya kepada demonstran. 

TRIBUNPAPUA.COM - Viral di media sosial, sebuah rekaman kebrutalan polisi Myanmar yang menembak seorang demonstran dari jarak dekat hingga tewas.

Polisi melakukan tindakan represif terhadap demonstran yang berunjuk rasa menolak kudeta Myanmar yang dilakukan junta militer.

Hak Asasi Manusia (HAM) PBB mengungkapkan saat ini sudah ada 54 korban tewas atas tembakan yang dilepaskan polisi.

Viralnya rekaman penembakan yang dilakukan polisi dari jarak dekat itu, membuat utusan PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener.

“Saya hari ini melihat sebuah video klip yang mengganggu. Seorang polisi memukuli sukarelawan medis,” ujar Schraner Burgener dikutip dari 9News.

Baca juga: Viral Video Kakek Pikul Lemari untuk Dijual Sambil Keliling, Perekam: Kakinya Sudah Gemetaran

“Mereka semua tak bersenjata. Sedangkan video klip lainnya menunjukkan seorang demonstran ditangkap polisi dan mereka menembaknya dari jarak dekat, mungkin hanya semester. Dia tak menolak saat ditangkap, dan sepertinya dia tewas di jalan,” tambahnya.

Selain rekaman penembakan yang dilakukan oleh polisi terhadap seorang demonstran itu, dia juga merujuk pada rekaman lainnya.

Pada rekaman video itu terlihat sekitar dua lusin pasukan keamanan dengan senjata mereka mengejar dua orang yang menggunakan helm konstruksi berlari menuruni jalanan.

Ketika para pasukan tersebut berhasil menangkap kedua orang itu, mereka berulang kali memukuli mereka dengan bamboo serta menendangnya.

Sedangkan salah seorang polisi lainnya merekam kejadian tersebut lewat ponselnya.

Junta militer Myanmar sendiri menegaskan tak takut dengan ancaman sanksi dari negara lain atas kudeta yang mereka lakukan.

Bahkan mereka menegaskan telah siap dan terkesan tak peduli jika akhirnya diberikan sanksi.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul Viral Polisi Myanmar Tembak Mati Demonstran dari Jarak Dekat, Ini Kata Utusan PBB

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved