Breaking News:

Wakil Gubernur Provinsi Papua Lantik 3 Bupati, Harap Roda Pemerintahan Berjalan Baik

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal melantik tiga bupati yakni Bupati Waropen, Bupati Boven Digoel dan Bupati Nduga. 

Penulis: Musa Abubar | Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Tribunpapua.com/Musa Abubar)
Suasana Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal melantik 3 tiga bupati 
TRIBUNPAPUA.COM - Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal melantik tiga bupati yakni Bupati Waropen, Bupati Boven Digoel dan Bupati Nduga. 
"Atas rahmat Tuhan Allah pelantikan tiga Bupati ini boleh dilakukan, pelantikan ini dilakukan agar roda pemerintahan di daerah dapat berjalan dengan baik," kata Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal kepada Tribunpapua.com di Jayapura, Senin (15/3/2021).
Wagub Klemen Tinal mengatakan, bupati adalah pemimpin tertinggi didaerah, bupati yang punya rakyat, punya wilayah karena itu jadilah tokoh panutan didaerah, menjadi contoh yang baik, dengan demikian masyarakat yang dipimpin sejahtera.
"Harap jaga koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi, ini terus menerus kami ingatkan di periode pelantikan ini, karena bupati sesudah dilantik dia lupa pemerintah provinsi, langsung ke Jakarta, seolah-olah atasannya di Jakarta," ujarnya.
Dia mengatakan, bupati harus berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah, karena Pemerintah Provinsi Papua adalah wakil dari Pemerintah Pusat.
Dengan demikian, ke depan lebih baik, lebih solid dan lebih kompak. 
Selain itu, kata dia, juga menyangkut APBD, tidak semua kabupaten kapasitas viskalnya besar, ada kabupaten yang kapasitas viskalnya sedikit.
"Kalau tidak berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua, bagimana mau membantu pembangunan," katanya. 
Terkait dana otonomi khusus, Klemen Tinal mengingatkan, semenjak kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, sudah komitmen 80 persen dari dana itu dikasih ke kabupaten/kota, hanya 20 persen di provinsi, itu sudah dihitung oeh para ahli dari Universitas Gaja Madah (UGM) Yogjakata. 
Pelantikan itu berdasarkan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.91/383 tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan menteri dalam negeri nomor 131.91/353 tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten pada Provinsi Papua.
Melalui surat itu, Bupati yang dilantik yakni Bupati Waropen Jeremias Bisai, Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi.
Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.91/2786 Tahun 2020 tentang pengesahan pengangkatan Bupati dan pengesahan pemberhentian Wakil Bupati Boven Digoel, pertama pengesahan pengangkatan Hj Khairul Anwar selaku Wakil Bupati Boven Digoel disisa masa jabatan pada 2016  sampai 2021 terhitung sejak tanggal masa jabatan sampai akhir masa jabatan sebagai Bupati Boven Digoel. 
Pegangkatan Hj Khairul Anwar selaku Wakil Bupati Boven Digoel sebagai Bupati Boven Digoel lantaran Bupati setempat, Benediktus Tambonop telah meninggal dunia.
Mengsesahkan pemberhentian masa jabatan Hj. Khairul Anwar selaku Wakil Bupati Boven Digoel tahun 2016 sampai 2021.
Surat Keptususan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.91/437 Tahun 2021 tentang pengesahan bupati dan pengesahan pemberhentian wakil Bupati Nduga.
Berdasarkan surat keputusan tersebut, mengesahkan pengangkatan Wentius Nimiyangge selaku wakil Bupati Nduga sisah masa jabatan 2017-2022 terhitung sejak pelantikan hingga masa jabatan Bupati Nduga Tahun 2017-2022 dan memberhentikan jabatannya sebagai wakil Bupati Nduga sejak masa jabatan 2017-2022. 
Wentius Nimiyangge selaku wakil Bupati Nduga diangkat menjadi Bupati Ndua lantaran bupati kabupatn setempat, Yairus Gwijangge telah dipanggil oleh yang maha kuasa. 
(Kontributor TribunPapua.com/Musa Abubar)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved