Breaking News:

KKB Papua

Yakin Pimpinan KKB Jhony Botak Kehabisan Makanan, Polda Papua Lakukan Pengejaran: Kami Awasi Ketat

Aparat keamanan kini sedang melakukan pengejaran kepada pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kali Kopi, Jhony Botak di Mimika, Papua.

(Tribunpapua.com/Musa Abubar)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri - Aparat keamanan kini sedang melakukan pengejaran kepada pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kali Kopi, Jhony Botak di Mimika, Papua. 

TRIBUNPAPUA.COM - Aparat keamanan kini sedang melakukan pengejaran kepada pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kali Kopi, Jhony Botak di Mimika, Papua.

Untuk mempermudah proses pengejaran, aparat juga telah meminta masyarakat tidak beraktivitas di area Mile 43 hingga Tembagapura.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri meyakini Jhony Botak dan anggotanya sudah semakin terdesak karena suplai bahan makanannya sudah diputus.

"Kami berharap minggu ini mereka (KKB Jhony Botak) kehabisan bama. Tentu kami akan melakukan pengawasan yang ketat di sana," ujar Fakhiri, di Jayapura, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Beredar Video Ancaman dari KKB Papua, TNI: Kami akan Buru dan Tindak Tegas

Jhony Botak, sambung Fakhiri, berperan besar pada setiap gangguan keamanan di Mimika, khususnya di sekitar wilayah Tembagapura.

Karenanya dengan menangkap yang bersangkutan, maka situasi keamanan bisa dikendalikan.

"Kami mencari Jhony Botak-nya, mudah-mudahan dia segera keluar, kalau kami bisa amankan, gangguan keamanan di Timika bisa diminimalisir," kata dia.

Menurut Fakhiri, aparat akan segera membuka kawasan Mile 43 untuk aktivitas masyarakat ketika proses pengejaran telah selesai.

"Kami berusaha minggu ini sudah bisa buka karena sejak kami berhasil menembak penembaknya KKB Kali Kopi ini sudah masuk minggu kedua," kata Fakhiri.

Baca juga: Polisi: Jalan Trans Papua Timika-Nabire Jadi Jalur Pemasok Bahan Makanan dan Logistik untuk KKB

Salah satu hal yang membuat Fakhiri yakin KKB pimpinan Jhony Botak sudah sangat terjepit adalah telah tertangkapnya TJ saat membawa bahan makanan menuju Tembagapura pada 13 Maret 2021.

TJ ditangkap dalam sebuah mobil bersama tiga orang lainnya.

Namun, karena tidak ada bukti bahwa ketiga orang tersebut terlibat dalam jaringan KKB, polisi kemudian melepaskan mereka.

Berita lainnya terkait KKB Papua

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kejar Pimpinan KKB, Kapolda Papua Yakin Jhony Botak Kehabisan Bahan Makanan

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved