Breaking News:

Kapolda Papua Resmikan Laboratorium PCR Rumkit Bhayangkara Tingkat III Jayapura 

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri meresmikan Laboratorium PCR Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Jayapura dan Mushola As-Syifa.

(Humas Polda Papua)
Kapolda Papua saat menggunting pita Laboratorium PCR Rumkit Bhayangkara 

TRIBUNPAPUA.COM - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri meresmikan Laboratorium PCR Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Jayapura dan Mushola As-Syifa, pada Kamis (25/3/2021).

Kapolda didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol  Dr. Rudi Eko Sudarto, menjelaskan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Provinsi Papua, maka diperlukan upaya pencegahan melalui 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment. 

Oleh karena itu, kata Kapolda, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai guna memudahkan dokter dan paramedis melakukan pengobatan. 

"Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini pemeriksaan Test PCR Rumkit Bhayangkara Tingkat III Papua masih bertumpu pada Laboratorium Kementerian dan pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Yakini KKB Jhony Botak Terdesak, Kapolda Papua: Kami Harap Minggu Ini Mereka Kehabisan Bama

Lanjut dia, dalam hal ini  Litbangkes Papua dan Labkesda Papua. Dimana sample yang banyak dari seluruh Papua menyebabkan hasil pemeriksaan PCR sedikit terlambat. 

Untuk itu, kata dia, dalam menangani Covid-19 ini, harus menggunakan cara yang luar biasa, satu di antaranya menghadirkan Laboratorium PCR .

Ia mengatakan, hadirnya laboratorium PCR ini adalah bentuk pengabdian dan kontribusi Polda Papua bagi masyarakat termasuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Papua dan menjadi salah satu program prioritas Kapolri dalam 100 hari kerja Kapolri.

Laboratorium yang ada di Rumkit Bhayangkara Tingkat III Jayapura Papua bukan hanya digunakan oleh internal Polri namun juga dapat digunakan oleh masyarakat umum. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Papua, Sekretaris Dinas Kesehatan Papua, Kepala Litbangkes Papua, Kepala Balai Lapkesda Papua, Kepala BNPB Papua dalam pendirian dan izin operasional Lab PCR Rumkit Bhayangkara Tingkat III Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Diduga Malu Orangtuanya Digosipkan Tetangga Tak Pernah Beribadah, Pemuda Ini Nekat Bunuh Diri

"Dengan semakin banyaknya Laboratorium PCR di Papua, kita semakin cepat melakukan kegiatan tracing, dapat membantu masyarakat dengan yang kontak erat dgn penderita Covid-19 untuk segera kita lakukan testing dan apabila hasilnya positif, maka segera kita tangani cepat dan tepat guna memutus mata rantai penyebaram Covid-19," katanya.

Halaman
12
Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved