Breaking News:

Lemhannas RI Bersama Pemprov Bahas Solusi Penyelesaian Masalah di Papua

Lemhannas RI bersama Pemerintah Provinsi Papua menggelar FGD guna membahas penyelesaian masalah-masalah di wilayah paling timur ini.

(Tribunpapua.com/Musa Abubar)
Suasana FGD antara Lemhannas RI dan Pemprov Papua membahas penyelesaian masalah Papua 

TRIBUNPAPUA.COM - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI bersama Pemerintah Provinsi Papua menggelar Focus Group Discusion (FGD) guna membahas penyelesaian masalah-masalah di wilayah paling timur ini.

Sekretaris Daerah Papua Dance Yulian Flassy kepada Tribunpapua.com di Jayapura, Selasa (30/3/2021) mengatakan, penyelesaian masalah Papua itu topik dari Lemhannas.

Dance berharap dari diskusi yang diharapkan persoalan khusus yang menjadi kajian Lemhannas yang menjadi strategi nasional sehingga diskusinya fokus.

Baca juga: Kemenpan RB Minta BKD Se-Papua Evaluasi Data Tenaga Honorer sesuai Kriteria: Kan Banyak yang Palsu

"Persoalan-persoalan apa yang menjadi pengkajian Lemhannas, sehingga masing-masing berbicara untuk kepentingan negara," ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, tidak ada masalah tetapi banyak kekayaan alam berupa tambang, sehingga hal-hal ini yang muncul dan menjadi persoalan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan menjelaskan, pembangunan otonomi khusus yang dapat mengembangkan masyarakat Papua secara signifikan di Papua dan Papua Barat.

Terlebih lagi di masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo, telah membawa kemajuan di berbagai bidang yang sangat dirasakan oleh masyarakat.

"Berdasarkan evaluasi dampak otonomi khusus Provinsi Papua dan Papua, terhadap efisiensi pemberian layanan publik serta publikasinya pada pertumbuhan produk domestik regional bruto per kapita dengan metode data evolutmen analisis dan model estimasi daeremik," katanya.

Hasil penelitian menunjukan, bahwa di tingkat provinsi dan kabupaten/kota berpengaruh negatif pada efisiensi belanja pendidikan, kesehatan dan infrastruktur publik.

Baca juga: Satgas Nemangkawi Buru KKB Papua Jhony Botak Hidup atau Mati, Ini Aksi Kriminal yang Dilakukannya

Namun, kata dia, terhadap efisiensi belanja layanan umum, dan layanan umum lainnya berdampak positif di tingkat provinsi dan berdampak positif secara terbatas pada tingkat kabupaten/kota.

Halaman
12
Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved