Breaking News:

Ikuti Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama, Wapres Bicara Bingkai Kerukunan untuk Jaga Keharmonisan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 secara daring, Kamis (1/4/2021).

(Dok. KIP/Setwapres)
Wakil Presiden Maruf Amin - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 secara daring, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 secara daring, Kamis (1/4/2021).

Dalam acara tersebut Ma'ruf membagikan tips bagaimana cara menjaga keharmonisan bangsa Indonesia yang beragam budaya, agama, suku, bahasa, dan lainnya.

Menurut Ma'ruf, ada empat bingkai kerukunan yang harus diimplementasikan agar persatuan dan kesatuan bangsa ini dapat terjaga.

"Pertama, bingkai teologis, selalu mengedepankan dan mengembangkan sikap moderasi dalam beragama, menumbuhkan pemahaman teologi kerukunan, bukan teologi konflik," kata Ma'ruf.

Baca juga: Perayaan Paskah di Mimika Papua, 1.000 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Pengamanan

Kedua adalah bingkai politik, yaitu selalu mengedepankan empat konsensus nasional yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga adalah bingkai sosiologis, yaitu dengan mengedepankan pendekatan kultural dan kearifan lokal, serta bijak dalam berinteraksi sosial.

"Keempat, bingkai yuridis, yaitu dengan senantiasa patuh dan taat terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata dia.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma'ruf juga mengapresiasi para pemuka agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) atas peran dan kontribusinya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca juga: Perayaan Paskah, 5.590 Aparat Gabungan Dikerahkan untuk Amankan 833 Gereja

Menurut dia, Indonesia merupakan negara yang majemuk dan beragam sehingga perbedaannya harus dijaga dan dirawat dengan baik.

"Kemajemukan dan keberagaman akan berpotensi menjadi benih perpecahan apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Namun kemajemukan akan menjadi kekuatan yang besar dan riil untuk membangun bangsa apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya," ucap dia.

Berita lainnya terkait Paskah

(Kompas.com/Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Wapres Bicara Bingkai Kerukunan untuk Menjaga Keharmonisan Bangsa Indonesia

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved