Breaking News:

Perbandingan Harga BBM di Jawa dengan Papua dan Maluku, Berapa Selisihnya?

Belum lama ini, PT Pertamina (Persero) merilis harga daftar bahan bakar minyak (BBM) Umum yang berlaku di Indonesia mulai 1 April 2021.

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Ilustrasi SPBU - Perbandingan Harga BBM di Jawa dengan Papua dan Maluku, Berapa Selisihnya? 

TRIBUN-PAPUA.COM – Belum lama ini, PT Pertamina (Persero) merilis harga daftar bahan bakar minyak (BBM) Umum yang berlaku di Indonesia mulai 1 April 2021.

Seperti periode sebelumnya, terdapat perbedaan harga BBM atau bensin yang berlaku di Jawa dengan wilayah di luar Jawa, termasuk di Papua dan Maluku dan sekitarnya.

Terkait hal ini, harga BBM yang berlaku di provinsi satu dan lainnya di Jawa relatif tak berbeda. Di Jawa, hampir semua jenis BBM Pertamina dijual dengan harga yang sama per liternya.

Hanya saja, harga Pertamax Racing di Jawa Timur dibanderol Rp 43.500 per liter, berbeda dengan provinsi lainnya di Jawa.

Selain itu, terdapat dua daerah, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang tidak mencantumkan harga bensin jenis Pertamax Racing. Sedangkan provinsi lain di Jawa menjual Pertamax Racing seharga Rp 42.000 per liter.

Angkot Tiba-tiba Terbakar saat Isi BBM, Satu Anak Tewas di Kursi Penumpang

Selebihnya, harga bensin Pertalite di Jawa adalah Rp 7.650 per liter. Lalu harga Pertamax di semua provinsi di Jawa dipatok Rp 9.000 per liter, sedangkan Pertamax Turbo dijual seharga Rp 9.850 per liter.

Selanjutnya, harga Dexlite di Jawa yakni Rp 9.500 per liter, lalu Pertamina Dex seharga Rp 10.200 per liter.

Adapun Solar Non Subsidi di Jawa harganya Rp 9.400 per liter dan Minyak Tanah Non Subsidi dijual dengan banderol Rp 11.220 per liter.

Sementara itu, harga bensin di wilayah Papua dan Maluku seluruhnya dibanderol dengan harga yang sama, namun ada yang lebih mahal dan ada yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga bensin di Jawa.

Selain itu, terdapat sejumlah jenis BBM harganya tak dicantumkan untuk penjualan wilayah Maluku dan Papua.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved