Breaking News:

Deputi V KSP Sebut PON XX Papua Bakal Jadi Event Olahraga Terbesar di Kawasan Pasifik

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani menyebut PON XX 2021 Papua akan menjadi event olahraga terbesar di kawasan Pasifik.

Penulis: Musa Abubar | Editor: Astini Mega Sari
KSP
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM, Jaleswari Pramodhawardani 

Laporan Wartawan Tribun-papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani menyebut PON XX Papua akan menjadi event olahraga terbesar di kawasan Pasifik.

"Saya rasa dalam sejarah penyelenggaraannya PON, belum ada PON yang mendapat perhatian se-luar biasa ini dari seorang Kepala Negara," kata Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani dalam Chief de Mission Meeting (CDM Meeting) ke-2 PON XX di Sentani, Kamis (8/4/2021).

Chief de Mission Meeting (CDM Meeting) Ke-2 PON XX berlangsung di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada 7 hingga 9 April 2021.

Jaleswari mengatakan, dengan kerja sama erat antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dukungan BUMN dan swasta, serta segenap insan olahraga nasional, maka telah terjadi transformasi pembangunan sarana prasarana olahraga yang sangat cepat dan mengagumkan di Provinsi Papua.

Baca juga: 8.000 Aparat Gabungan Bakal Disiagakan untuk Amankan PON XX Papua, Mimika Jadi Fokus Pengamanan

"PON XX di Papua akan menjadi event olahraga terbesar di kawasan Pasifik," ujarnya.

Jaleswari menjelaskan, kelengkapan fasilitas olahraga yang telah dibangun di empat klaster pertandingan di Papua saat ini juga merupakan yang terlengkap dan terbaik di kawasan Pasifik selain fasilitas olimpiade di Australia.

"Kami berpandangan, Papua selain siap menjadi tuan rumah PON dan PEPARNAS, tetapi juga siap melayani event olahraga internasional dan regional lainnya di waktu mendatang," kata Jaleswari.

Bahkan, kata dia, Papua juga siap untuk menjadi hub di Kawasan Pasifik sebagaimana Singapura di ASEAN.

"Sejak dari zaman Bapak Acub Zaenal yang mencanangkan persepakbolaan di Tanah Papua, sampai tingkat sekolah dasar; sebagaimana kita mengetahui bersama bahwa semangat dan jiwa berolahraga itu melekat dengan dan identik dengan Papua," ujarnya.

Baca juga: Ingin Papua Jadi Tuan Rumah Terbaik, PB PON XX 2021: Kami Siap Berikan Keamanan dan Kenyamanan

Hal lain yang perlu menjadi catatan menurut Jaleswari adalah bahwa pelaksanaan PON dan PEPARNAS di Papua merupakan pengakuan kepada prestasi para atlet nasional asal Papua yang telah mengharumkan nama daerah dan nama Indonesia di tingkat nasional, tingkat Asia Pasifik, dan tingkat dunia termasuk Olimpiade.

"Kami mencatat antara lain nama Lisa Rumbewas (angkat besi), Serafi Anelies Unani (atletik), Franklin Ramses Burumi (atletik), Boaz Solossa (sepakbola), dan masih banyak lagi atlet berprestasi internasional dari Papua," ujarnya.

"Kita bisa menghormati mereka dengan menyukseskan acara PON dan PEPARNAS. Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan agar pengelolaan PON XX harus disiapkan dengan matang, harus memberi kesan baik dari segala sisi karena turut mengundang perwakilan negara-negara sahabat," katanya.

Dia berharap panita penyelenggara tak mengabaikan satu aspek pun. Sebagaimana disampaikan oleh Pangdam dan Kapolda bawha ada zero tolerance terhadap segala tindakan yang berpotensi mengganggu. (*)

Berita lainnya terkait PON XX Papua

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved