Breaking News:

Tolak Terpilihnya Dinard Kelnea sebagai Wabup Nduga, Sejumlah Warga Rusak Kantor Keuangan

Terpilihnya Dinard Kelnea sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nduga dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Nduga mendapat penolakan.

Istimewa/Dok. Yanius Gwijangge
Kondisi Kantor Keuangan Nduga yang dirusak 

Laporan Wartawan Tribun-papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Terpilihnya Dinard Kelnea sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nduga dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Nduga di Kota Jayapura, Kamis (8/4/2021) lalu, mendapat penolakan dari sejumlah warga.

Penolakan tersebut berbuntut pada pengerusakan Kantor Badan Keuangan Nduga serta pemalangan Lapangan terbang Kenyam, Kamis sore.

Tokoh masyarakat Nduga, Yanius Gwijanggen menilai semestinya yang menjadi Wakil Bupati adalah Lanius Gwijangge.

Lanius Gwijangge merupakan adik dari mantan Bupati Nduga Almarhum Yairus Gwijangge.

Ia menuding adanya permainan yang dilakukan oknum anggota DPRD Nduga di rapat paripurna saat pengusungan Wakil Bupati.

Baca juga: Polda Papua Sebut Situasi 3 Kabupaten di Papua Kondusif Pasca-Putusan MK terkait Sengketa Pilkada

"Ini ada permainan, semestinya Lanius Gwijangge yang menduduki jabatan, mengingat saat pemilihan bupati dulu partai pengusung yakni Golkar, PKS serta PAN yang memenangkan pasangan Yairius dan Wantius," katanya.

Yanius mempertanyakan kader partai tersebut yang menjadi anggota DPR justru berbelok arah.

"Keluarga telah mendorong agar Lanius Gwijangge adik dari almarhum Bupati yang maju dan itu sudah disepakati secara adat, tapi pada akhirnya tidak terlealisasi yang berbuntut kekecewaan dan pengerusakan fasilitas serta pemalangan," ujarnya.

Yanius menyebutkankan, pendukung Lanius Gwijangge mengancam akan terus melakuakn pengrusakan serta melumpuhkan aktivitas di Nduga jika tak ada tindak lanjut dari Pemprov Papua maupun Pemkab Nduga.

Baca juga: Tolak Hasil Pilkada, Massa Rusak Rumah Dinas hingga Kantor KPU setelah Pelantikan Bupati Asmat

Diketahui, ada dua calon yang diusung sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nduga sisa masa jabatan 2017-2022 yakni Lainus Gwijangge yang diusung dari Partai PKS, Golkar dan PAN dan Dinard Kelnea yang diusung oleh Partai Demokrat.

Sebelumnya, Kabupaten Nduga dipimpin Almarhum Yairius Gwijangge sebagai Bupati dan Wentius Nimiangge sebagai Wakil Bupati.

Pada 11 November 2020, Yairius Gwijangge meninggal dunia karena sakit. Jabatan bupati sempat mengalami kekosongan hampir empat bulan.

Pada 15 Maret 2021, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal melantik Wentius Nimiangge sebagai Bupati Kabupaten Nduga sisa masa jabatan 2017-2022. (*)

Berita lainnya terkait Pilkada Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved