Breaking News:

Menkes Sebut Indonesia Kekurangan Tenaga Kesehatan: Apalagi Dokter, Masih Kurang

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku hingga kini, seluruh daerah di Indonesia masih kekurangan tenaga kesehatan.

Dok. BNPB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku hingga kini, seluruh daerah di Indonesia masih kekurangan tenaga kesehatan, terutama dokter.

"Di seluruh Indonesia masih kekurangan tenaga kesehatan apalagi tenaga dokter masih kurang," kata Budi Gunadi Sadikin kepada awak media di Jayapura Rabu (14/4/2021) siang.

"Tadi saya ngomong sama Pak Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giyai dan beliau mengatakan masih kekurangan 44.000 tenaga kesehatan di Papua."

Saat ini tenaga kesehatan di Papua baru ada sekitar 20.000.

"Bikin dokter, bikin perawat itu lebih lama jika dibandingkan dengan bikin gedung, tetapi kita lebih senang minta anggaran umtuk bikin gedung," ujarnya.

Baca juga: Menkes Pantau Vaksinasi Covid-19 dan Lahan untuk Pembangunan RS di Jayapura

Menurut dia pembangunan gedung rumah sakit dan pembelian alat kesehatan bisa selesai dalam satu atau dua tahun, namu tidak dengan penambahan dokter.

"Jadi, kalau kita mengejar 10.000 dokter berarti perencanaannya tujuh tahun sebelumnya. Nah, itu biasanya yang paling lambat direncanakan," katanya.

Menurut dia, produksi dokternya harusnya diperbanyak dan juga prosesnya dipermudah. 

"Saya baru dapat informasi bahwa ada 250 lulusan tenaga dokter yang belum bisa praktek. Coba nanti saya bicara dengan pak Menteri Pendidikan ini bagimana dari sisi gurunya supaya bagimana supaya suplai dokternya," ujarnya.

(*)

Berita lainnya terkait Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved