Breaking News:

BPBD Papua Beri Peringatan Dini Bibit Siklon Tropis 94W, Warga di Wilayah Ini Diminta Waspada

BPBD Provinsi Papua segera melayangkan surat peringatan dini kewaspadaan bibit siklon tropis 94W ke kabupaten/kota

(Tribun-papua.com/Musa Abubar)
Kepala BPBD Papua, William Manderi 

Laporan Wartawan Tribun-papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua segera melayangkan surat peringatan dini kewaspadaan bibit siklon tropis 94W ke kabupaten/kota

"Memang surat peringatan dini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat kepada semua daerah, dan hari ini kami Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Papua lanjutkan surat tersebut ke kabupaten/kota di Papua untuk siaga mengantisipasi bibit siklon tropis 94W," kata Kepala BPBD Papua, William Manderi kepada awak media di Jayapura, Rabu (14/4/2021).

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bibit siklon tropis 94W sudah berada di wilayah pasifik, sebagian wilayah utara Papua.

Untuk itu,  perlu mengantisipasi dengan kesiapsiagaan setiap kabupaten, khususnya di wilayah utara Papua.

Baca juga: Pemprov Papua Tandatangani Usulan Pengangkatan 20.000 Tenaga Honorer

"Mudah-mudahan dia bakal bergeser melambat kembali lagi ke pasifik sehingga ini tidak berdampak serius bagi kita di Provinsi Papua," katanya.

William Manderi menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Sekda Papua terkait peringatan dini tersebut agar bisa melakukan upaya-upaya kesiapsiagaan.

"Masyarakat kita imbau lewat media dan apa yang selama ini kita lakukan karena siklon tropis 94D sama dengan siklon seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT)," ujarnya.

"Ini dampak dari curah hujan tinggi, angin dan lain sebagainya, sehingga ini menjadi kesiapsiagaan masyarakat khususnya mereka yang berada di daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor."

Baca juga: ASN Pemprov Papua Kerja seperti Biasa Selama Ramadan, Wagub: Jangan Dijadikan Alasan untuk Malas

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mengungkapkan pada 12 April 2021 Jam 00 UTC (07.00 WIB) terbentuk bibit siklon tropis 94 W di sekitar Pasifik Barat sebelah utara Papua, tepatnya di 5.8 Lintang Utara (LU)-141.1 Bujur Timur (BT), yang termasuk sebagai wilayah monitoring TCWC Jakarta.

Tekanan minimum bibit siklon 94W mencapai 1007 hPa dan dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 20 knot (37 km/jam). (*)

Berita lainnya terkait Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved