Breaking News:

KKB Papua

Oknum TNI AD Membelot ke KKB Papua, KSAD Jenderal Andika Soroti Tugas Komandan Peleton dan Kompi

KSAD menyoroti tugas komandan baik di tingkat pleton hingga batalyon setelah kasus oknum prajurit TNI AD yang membelot ke KKB Papua.

KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa - KSAD menyoroti tugas komandan baik di tingkat pleton hingga batalyon setelah kasus oknum prajurit TNI AD yang membelot ke KKB Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyoroti tugas komandan baik di tingkat pleton hingga batalyon setelah kasus oknum prajurit TNI AD yang membelot ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Andika mengatakan jajarannya selalu mengingatkan kepada komandan satuan sampai ke tingkat bawah untuk membina prajurit dengan baik.

"Inilah yang kami lakukan. Jadi tidak hanya melihat individu yang melakukan tindak pidana tetapi bagaimana leadership atau kepemimpinan di atas-atasnya. Kalau bagi seorang prajurit satu, gimana komandan peletonnya yang pangkatnya letnan itu, gimana komandan Kompinya apa yang sudah dilakukan sampai dengan komandan batalyon," kata Andika saat konferensi pers di Markas Pomdam Jaya Jakarta pada Selasa (20/4/2021).

Ia pun menegaskan kasus-kasus serupa akan memiliki konsekuensi bukan hanya terhadap yang bersangkutan melainkan juga kepada rantai komando di atasnya.

Baca juga: Jenderal Andika Sebut Oknum TNI AD yang Membelot ke KKB Bawa Kabur 2 Magazen Berisi 70 Butir Peluru

Pratu Lukius Matuan, oknum TNI yang membelot ke KKB
Pratu Lukius Matuan, oknum TNI yang membelot ke KKB (Istimewa)

"Jadi ini memiliki konsekuensi bukan hanya kepada yang bersangkutan tetapi juga terhadap rantai komando di atasnya," kata Andika. 

Andika juga mengatakan pihaknya akan serius dalam menangani hal tersebut sehingga para komandan menjadi lebih teliti dan punya kepedulian kepada para bawahannya.

"Sehingga mereka bisa lebih teliti lagi, jadi tidak hanya ketemu begitu saja tapi mereka punya kepedulian. Bagaimana memastikan anggota kondisi baik-baik saja atau tidak, atau ada yang sedang down, itu kan selalu terjadi," kata Andika.

Andika mengungkapkan kasus serupa bukan hanya terjadi kali ini walaupun kasusnya tidak sama persis.

Namun ia menegaskan prajurit yang lari atau meninggalkan dinas dan tidak kembali cukup sering. 

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Ungkap Oknum TNI yang Berkhianat Gabung KKB: Februari, Dia Tinggalkan Pos

Ia menjelaskan, motivasi mereka pun bermacam-macam.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved