Breaking News:

Kotak dan Surat Suara untuk PSU di Kabupaten Yalimo akan Ditampung di Wamena sebelum Didistribusikan

KPU Yalimo akan menampung kotak suara sekaligus surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Penulis: Musa Abubar | Editor: Astini Mega Sari
(Tribun-Papua/Musa Abubar)
Kotak suara untuk pemilu di Papua - KPU Yalimo menampung kotak suara sekaligus surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yalimo akan menampung kotak suara sekaligus surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen mengungkapkan alasannya.

"Lantaran gudang logistik kami berada di Wamena. Sedangkan untuk surat suara dicetak di Kota Surabaya, dan akan selesai pada akhir April dan langsung diterbangkan dari Surabaya menuju Wamena," kata Yehemia dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat (23/4/2021).

Dari Wamena, surat suara akan didistribusikan menggunakan pesawat menuju Distrik Apalapsili dan Welarek.

Baca juga: Pemprov Papua Minta Pemkab Nabire dan Yalimo Segera Anggarkan Dana PSU

Ia berharap proses pendistribusian logistik untuk PSU berjalan lancar hingga ke kampung-kampung.

"Kendala kami di lapangan yaitu, seharusnya logistik ini sampai ke kampung masing-masing tapi logistik tersebut dihalang-halangi oleh massa dari kedua paslon sehingga terjadi pelanggaran-pelanggaran dan hambatan pada saat proses pendistribusian," ujar Yehemia.

"Kami berharap proses pendistribusian logistik ini lancar sampai ke kampung-kampung yang melaksanakan PSU, saya harap masyarakat mendukung KPU pada setiap proses PSU dilaksanakan," katanya.

Baca juga: Tolak PSU, Pendukung Yusak Yaluwo-Yakob Weremba Gelar Aksi Unjuk Rasa di Boven Digoel

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Yalimo Habakuk Mabel, menjelaskan dalam mengemban tugas sebagai pengawasan, pihaknya sudah bekerja sebagaimana tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Bawaslu.

Habubak juga berharap Kaba Intelkam Polri beserta Kapolres Yalimo dan Dandim 1702 Jayawijaya mempertebal pengamanan di kedua distrik tersebut guna mengantisipasi gangguan keamanan yang tak diinginkan. (*)

Berita lainnya terkait PSU di sejumlah kabupaten di Papua

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved