Breaking News:

KKB Papua

Kabinda di Papua Ditembak KKB, Puan: Masalah Bisa Selesai dengan Dukungan Masyarakat di Sana

Ketua DPR Puan Maharani meminta komunikasi pemerintah dan masyarakat Papua diadakan untuk menyelesaikan konflik di provinsi itu.

Kompas.com
Ketua DPR Puan Maharani 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta komunikasi pemerintah dan masyarakat Papua diadakan untuk menyelesaikan konflik di provinsi itu.

Diketahui Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan penembakan dan menewaskan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Mayjen Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, pada Minggu (25/4/2021) di Kabupaten Puncak, Papua.

Puan pun mengucap belasungkawa dan meminta agar koordinasi di area konflik diperkuat agar tak ada lagi korban jiwa.

Baca juga: Ikut Berduka Cita atas Gugurnya Kabinda Papua, Jokowi: Tak Ada Tempat untuk KKB di Indonesia

"Duka mendalam atas gugurnya Kabinda Papua. Koordinasi harus diperkuat, termasuk komunikasi dengan masyarakat untuk menyelesaikan konflik di sana dan semoga tidak berulang menimbulkan korban jiwa,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Puan meminta pemerintah, TNI, dan Polri untuk melindungi masyarakat serta mengidentifikasi masalah secara utuh untuk mengetahui pemicu aktivitas KKB serta mencari solusi penuntasannya.

Politikus PDI-P itu mengatakan, dalam menyelesaikan konflik, harus dilakukan identifikasi utuh dan mendalam guna mengetahui pemicu dan motivasi KKB menyerang dan mengancam keselamatan warga.

Koordinasi juga harus dilakukan TNI-Polri bersama pemerintah daerah, pemuka agama, tokoh adat/masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

"Bangun komunikasi dengan masyarakat, menangkan hati masyarakat, karena saya yakin masalah KKB di Papua ini hanya bisa diselesaikan dengan dukungan besar dari masyarakat, dari saudara-saudara kita di sana," kata dia.

Baca juga: Danrem 173/PVB Sebut Jenazah Kabinda Papua yang Gugur Ditembak KKB akan Dievakuasi dengan Helikopter

Kendati demikian, Puan menegaskan, hukum tetap harus ditegakkan bagi mereka yang terbukti bersalah, apalagi melakukan tindak kekerasan bersenjata yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

"Lindungi keselamatan warga dari aksi KKB, maka dari itu penegakan hukum jadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah ini," kata dia.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved