Breaking News:

Namanya Dicatut untuk Surat Rapid Test Palsu, Kimia Farma Manokwari: Kami Pakai Stempel Basah

Pihak Kimia Farma di Manokwari merespons kabar soal pemalsuan surat rapid test Covid-19 oleh sejumlah pelaku perjalanan di Bandara Rendani.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi virus corona 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM - Pihak Kimia Farma di Manokwari merespons kabar soal pemalsuan surat rapid test Covid-19 oleh sejumlah pelaku perjalanan di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Pemalsuan surat test tersebut banyak dilakukan mengatasnamakan sejumlah tempat pelayanan kesehatan, termasuk Apotek Kimia Farma di Manokwari.

Asisten Apoteker Kimia Farma Manokwari, Mei menegaskan pihaknya tak pernah membantu memalsukan surat rapid test untuk siapapun.

"Kalau disini nggak ada pemalsuan sebab yang dilayani di Kimia Farma biasanya langsung gunakan stempel basah," ujar Mei, kepada Tribun-Papua.com, Minggu (25/4/2021)

"Kalau palsu tentu akan kelihatan, biasanya dalam bentuk scan. Kalau kita stempelnya memang basah, nggak pernah memberi yang copy."

Baca juga: Addendum SE Satgas Covid-19 Diberlakukan, Calon Penumpang dan Petugas Ribut di Pelabuhan Manokwari

Sebelumnya diberitakan, Kepala Seksi Pengendalian Kekarantinaan dan Surveilans Epidemiologi, Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Manokwari, Agung Budijono mengatakan ada pelaku perjalanan yang sengaja menggunakan surat rapid test palsu untuk bisa bepergian melakui Bandara Rendani.

"Dalam pemalsuan dokumen ini petugas KKP di loket masih gunakan langkah persuasif dan hanya memberikan sejumlah pertanyaan kepada masyarakat," ucapnya.

"Pemalsuan dokumen ini sudah terjadi sejak awal pandemi sampai sekarang, yang tertangkap secara keseluruhan sudah mencapai 50 kali."

Agung menjelaskan, pemalsuan ini banyak dilakukan mengatasnamakan sejumlah tempat pelayanan kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved