Breaking News:

Pemprov Papua Berkomitmen Turunkan Angka Pengangguran Melalui Skill Development Center

Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen menurunkan angka pengangguran di wilayahnya melalui Skill Development Center (SDC).

(Dok.SDC Papua)
Suasana sosialisasi SDC Provinsi Papua 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Papua berkomitmen menurunkan angka pengangguran di wilayahnya melalui Skill Development Center (SDC).

"Pembentukan Skill Development Center (SDC) Provinsi Papua", kata Ketua SDC Kota Makassar, Affandy Agusman Aris melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun-Papua di Jayapura, Senin (26/4/2021).

Menurut dia, ini merupakan lembaga yang menjadi Pilot Project Nasional seperti yang telah diamanatkan pada Inpres Nomor 9 Tahun 2016 di mana Presiden menegaskan perlunya revitalisasi SMK untuk meningkatkan kualitas SDM.

Baca juga: Stanis Kasibdin Pimpin Kadin Kabupaten Pegunungan Bintang Papua, Ini Harapannya

Dia mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Melalui Dinas Perindakop bekerja sama dengan Kementrian Tenaga Kerja, telah mempunyai komitmen untuk menurunkan angka pengangguran di Provinsi Papua melalui SDC.

Acara Sosialisasi Pembentukan SDC Provinsi Papua sudah berlangsung pada 22-24 April 2021 di Hotel Batiqa Entrop Jayapura, kegiatan kala itu di buka oleh Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy.

Menurut dia, pembentukan SDC Provinsi Papua sangat dinantikan oleh pemerintah provinsi setempat, karena melalui Percepatan Pembentukan Skill Development Center (SDC) dapat meningkatkan kompetensi angkatan kerja dan menurunkan jumlah pengangguran di Provinsi Papua.

Lantaran, SDC mempunyai program pelatihan, sertifikasi kompetensi, pemagangan dan penempatan kerja.

Baca juga: Sekda Harap DPR Papua Bersinergi dengan OPD Bangun Infrastruktur

SDC adalah merupakan sebuah forum komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi yang nantinya melibatkan tiga unsur pelaku utama yakni, unsur Academic atau Lembaga Diklat (SMK/BLK/BDI/LPK/AKOM/Techno Park/Politeknik/Universitas), unsur Business atau dunia usaha dan industri, serta unsur Government atau Pemerintah Daerah (Disnaker, Disdik, Disperin, serta OPD terkait lainnya).

Ketiga unsur ini kerap disingkat dengan istilah ABG.

Dengan Sosialisasi Pembentukan SDC Provinsi Papua diharapkan dapat mendorong dan menjadi solusi dalam penerapan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dapat terwujud.

Berita lain tentang Papua

(*)

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved