Breaking News:

Peringati Otda ke-25, Pemprov Papua Siap Terapkan Amanah Pemerintah Pusat

Pemerintah Provinsi Papua menyambut baik peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke 25 tahun 2021 di Indonesia.

(Tribun-Papua/Musa Abubar)
Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Papua menyambut baik peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke 25 tahun 2021 di Indonesia.

Selain itu Pemprov Papua juga siap mendukung amanah pemerintah pusat dalam mentertibkan penyelenggaraan pemerinthan di daerahnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa kepada Tribun-Papua di Jayapura, Senin (26/4/2021) menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur atas peringatan hari Otonomi Daerah ke XXV di Indonesia, di mana Papua menjadi provinsi yang juga memperingati hari Otda di Indonesia ke-25 tahun 2021.

"Otda ke 25 tahun, sesuai amanah dari pemerintah pusat, yaitu penyelenggaraan pemerintahan harus ditertibkan diseluruh Indonesia, dan kami Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung hal tersebut," katanya.

Baca juga: Pengakuan KKB Kepulauan Yapen yang Serahkan Diri ke Polisi, Mengaku Dikucilkan dan Hidup Tak Layak

Dia mengatakan, otonomi daerah adalah kewenangan negara, dalam hal ini secara otomatis penyelenggaraan pemerintahan harus berjalan dikarenakan adanya otonomi daerah.

"Berdasarkan dengan intruksi pemerintah pusat, pelayanan pemerintahaan yang lebih di fokuskan adalah pelayanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

Bahkan, menurut dia, untuk dinas-dinas terkait yang menjadi pilihan wajib seperti Dinas Perikanan, Kelautan dan sebagainya, pelayanannya harus ditingkatkan.

Ia juga menjelaskan, pada usia ke -25 tahun, Otda ini juga, peningkatan perekonomian masyarakat harus diperhatikan dan harus didukung oleh semua pihak.

"Ini merupakan amanat dari Wakil Presiden Indonesia, sistem penyelenggaraan pemerintahan ada lima kewenangan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan daerah harus mendukung," katanya.

Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Dilantik, Wagub Papua Barat: Saat Ini Harus Rangkul Semua

Selain itu, tugas-tugas Kesbangpol harus meningkatkan pembinaan wawasan kepada masyarakatak agar generasi kedepan, memiliki ideologi yang ada di negara yaitu sesuai dengan indeologi pancasila dan UUD 1945.

"Saya harap kedepan generasi Papua harus memiliki wawasan kebangsaan dan harus memahami ideologi Pancasila sebagai dasar negara, agar pelaksanaan aspek pembangunan di Papua dapat berjalan dengan baik," tambah dia.

Berita lain seputar Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved