Breaking News:

Sekda Harap DPR Papua Bersinergi dengan OPD Bangun Infrastruktur

Pemerintah Papua mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi dalam membangun infrastruktur di Papua.

(Tribun-Papua/Musa Abubar)
Suasana rapat pengawasan DPR Papua - Pemerintah Papua mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi dalam membangun infrastruktur di Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Papua mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi dalam membangun infrastruktur di Papua.

Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy kepada Tribun-Papua di Jayapura, Senin (26/4/2021) menjelaskan, pembahasan pengawasan infrastruktur seperti ini selalu dibahas dari tahun ke tahun, dalam pembahasan ini ia harapkan agar disesuaikan dengan visi dan misi dari Gubernur Papua.

"DPR merupakan mitra, Pemerintah Provinsi Papua untuk membangun negeri ini, saya berharap teman-teman OPD dapat berdiskusi dengan DPR Papua, sebelumnya kita juga telah membahas rencana awal Pokir bersama DPR, agar kedepannya Pokir dapat dipertanggung jawabkan oleh OPD," katanya.

Baca juga: Kabinda di Papua Ditembak KKB, Puan: Masalah Bisa Selesai dengan Dukungan Masyarakat di Sana

Pihaknya berharap, dalam pengawasan infrastruktur komisi IV DPR Papua harus trasparan, akuntabel dan yang pasti OPD dan DPR harus bekerja sama karena membangun Papua tidak harus sendiri-sendiri.

"Saya juga mengharapkan harus ada perubahan pola pikir terhadap dampak-dampak yang nantinya timbul dalam proses pengawasan infrastruktur. Intinya harus transparan dan akuntabel," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, persoalan yang selalu dihadapi oleh pemerintah adalah terkait LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dalam hal lelang kegiatan baik dana yang bersumber dari APBN maupun dana APBD.

"Kami juga harapkan agar, jangan sampai ada SILPA lagi yang menumpuk dan ujung-ujung dikembalikan, ini berarti kita tidak mampu mengelola anggaran di Papua," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang membidangi infrastruktur dan sumber daya alam, Herlin Beatrix Monim mengatakan kegiatan pengawasan infrastruktur setiap bulan pihaknya lakukan.

Baca juga: Jenazah Kabinda Papua Berhasil Dievakuasi, Asops Kasdam XVII/Cenderawasih: Sudah Tiba di Timika

"Hanya saja kali ini kami kaitkan dengan beberapa event besar di Papua, yakni pelaksanaan PON, maka dalam rapat lerja kali ini kami mengundang dinas yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan PON," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya kali ini ingin mendengar secara langsung sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan PON.

"Intinya dalam membangun kemitraan ini, kita membutuhkan data teknis terkait penggunaan anggaran di Provinsi Papua terkait infrastruktur," tambahnya.

Berita lain tentang Papua

(*)

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved